Riau

Wabup Rohil Launching Crash Program Imunisasi Polio Untuk Anak Usia 0-59 Bulan

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, SS.MH launching crash program pemberian imunisasi tambahan 1 dosis tetes polio kepada anak usia 0 sampai 59 bulan. Foto: Wisman

ROHIL (MR) - Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman, SS.MH hadiri launching crash program pemberian imunisasi tambahan 1 dosis tetes polio kepada anak usia 0-59 bulan dan satu dosis suntik polio kepada anak usia 4-59 bulan, Senin (6/3/2023).

Launching crash denga  pemberian imunisasi polio tersebut dilaksanakan di Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Batu Hampar.

Dalam sambutannya, Wabup Rohil H Sulaiman mengatakan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk mendorong percepatan pemberantasan polio di Kabupaten Rokan Hilir. Upaya itu dilakukan berdasarkan surat Kementerian Kesehatan RI tentang pelaksanaan crash program dalam rangka pencegahan penularan virus polio.

Wabup mengatakan, kasus polio tersebut telah berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) di beberapa wilayah di Indonesia. Berdasarkan hal itu, maka Pemkab Rokan Hilir juga berupaya melakukan percepatan pemberantasan polio di daerah ini, sebagaimana launching pelaksanaan crash program imunisasi polio yang dilakukan saat ini.

Crash Program Polio merupakan kegiatan pemberian imunisasi polio tambahan pada sasaran tanpa memandang status dan interval. Imunisasi sebelumnya baik imunisasi rutin maupun Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Sulaiman menjelaskan, Pemkab Rohil melalui Dinas Kesehatan Rokan Hilir beserta jajarannya sebelumnya telah melakukan antisipasi melalui sosialisasi kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.

Pencanangan pemberian vaksin polio ini sebelumnya sudah pernah diberikan kepada masyarakat melalui program Pekan Imunisasi (PIN) polio. Wabup Sulaiman menyampaikan baru ini utusan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) bertandang ke Rokan Hilir menyatakan di Kabupaten Rokan Hilir masih ditemukan balita terjangkit polio.

Untuk mengantisipasi penyakit tersebut, melalui Dinas Kesehatan Rokan Hilir baik di tingkat Kecamatan maupun perangkat desa dan para kader di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) segera memberikan pelayanan vaksin polio kepada bayi maupun bayi diatas lima tahun (balita) saat program launching crash polio dilaksanakan secara serentak.

"Mudah-mudahan dengan adanya pemberian vaksin polio secara serentak di Kabupaten Rokan Hilir, tujuannya agar generasi muda kita terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan," imbuhnya.

Wabup Sulaiman tidak lupa mengimbau kepada para ibu yang memiliki bayi maupun bayi diatas lima tahun (balita) agar membawanya ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) agar diberikan vaksin polio secara gratis.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki bayi dan balita agar segera mendapatkan pelayanan imunisasi atau vaksinasi polio di Posyandu di seluruh Kecamatan di Rokan Hilir," pungkasnya. (ADV)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan