Riau

Kembangkan Smartcity Bagansiapiapi, Diskominfotiks Rohil Gandeng PT Icon Plus

Kadiskominfotiks Rohil, Indra Gunawan, SE.MH.

ROHIL (MR) - Selain fokus pada bidang pembangunan infrastruktur dan lainnya, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP juga memiliki program menjadikan Bagansiapiapi sebagai Smart City (kota cerda).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks), Indra Gunawan, SE.MH telah melakukan lobi terhadap salah satu anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT. Icon Plus Indonesia.

"Saya telah berkoordinasi dengan General Manejer GM PT Icon dan mereka sangat mendukung gagasan Pak Bupati ini (Afrizal Sintong)," kata Kadiskominfo Indra Gunawan, SE.MH, kepada awak media, Sabtu (8/4/2023).

Menurutnya, Smart city sendiri merupakan konsep pengelolaan kota yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar kota menjadi lebih cerdas dan efisien di dalam pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada, serta meningkatkan pelayanan dan kualitas kehidupan masyarakat kota.

Sebagai bentuk dukungan PT Icon Plus dalam pengembangan program smartcity Bagansiapiapi, untuk tahap awal 2023 ini pihak icon akan memasang 3 titik CCTV di persimpangan dalam Kota Bagansiapiapi.

"Ini diberikan secara cuma-cuma oleh PT Icon dengan CCTV resolusi tinggi tanpa menggunakan APBD Rokan Hilir," kata Indra Gunawan menegaskan.

Sebelum dilakukan pemasangan CCTV yang perdana terlebih dahulu akan dilakukan survey guna menentukan lokasi yang tepat dalam pemasangan tahap awal.

Indra Gunawan menambahkan, Program Smartcity Bagansiapiapi mengadopsi dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia seperti Pulau Jawa. Disana hampir disetiap persimpangan gang sudah memiliki CCTV sebagai alat pemantau.

Smartcity akan memudahkan dalam pemantauan dan pengawasan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita berharap Ibukota Bagansiapiapi nantinya akan menjadi prototype atau contoh konsep model awal sebagai kota digital di Kabupaten Rokan Hilir," pungkas Indra Gunawan. (man/rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan