Religi

Pusaka Langkat Dumai Buka Bersama dengan Anak Yatim dan Berbagi Takjil

Ketua Langkat dan Jajaran Pengurus.

DUMAI (MR) - Perkumpulan Masyarakat Kabupaten (Pusaka) Langkat yang berdomisili di Kota Dumai, memperkuat silaturahmi dengan menggelar kegiatan buka puasa bersama (Bukber) dan berbagi takjil, Sabtu (08/04/2023).

Buka puasa bersama dirangkaikan dengan pembagian takjil gratis kepada pengguna jalan, dilanjutkan bantuan untuk anak yatim di keluarga besar Pusaka Langkat Dumai.

Ketua Panitia Pusaka Langkat - Dumai, Yusfihal Fauzi Rokan menuturkan, buka puasa bersama dirangkaikan dengan pembagian 200 takjil untuk mempererat hubungan silahturahmi para pengurus dan anggota.

"Di hari ke 18 bulan suci Ramadhan ini, semoga semakin meningkatkan kualitas keimanan," kata Ozi sapaan akrabnya.

Menurutnya, takjil yang dibagikan pada para pengguna jalan dananya bersumber dari uang yang dikumpulkan oleh para pengurus dan anggota Pusaka.

Ketua Umum Pusaka Langkat - Dumai, Capt Yuzirwan Nasution, M.Mar menuampaikan, mari kita bersama saling menjaga, menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan. Saling menghargai dan menghormati dalam kehidupan bermasyarakat.

Yuzirwan juga menambahkan, kegiatan bukber dan pembagian takjil ini, untuk memberikan pesan moral bahwa kehadiran Pusaka hanya untuk menghidupkan dan menumbuhkan nilai-nilai sosial dan budaya.

"Semua perkumpulan harus saling menjaga, saling menghargai dan menghormati. Kalau ada sesuatu perbedaan hendaknya dimaknai baik," jelasnya.

Tausiah sebelum berbuka puasa oleh Wakil Ketua Pusaka Langkat - Dumai Reza Pahlefi, ST tentang fadilah sedekah dan mengingatkan harta untuk dijalan Allah.

"Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda. Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api," ujar Reza.

Sedekah tidak hanya berpatok pada harta benda saja, sehingga membuat sebagian dari kita berpikir ulang melakukan amal baik ini.

Hal-hal non materi pun bisa saja dikatakan sebagai sedekah. Seperti, menolong orang lain baik dengan tenaga maupun pikiran, memberi nafkah keluarga atau istri, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan pun masuk ke dalam sedekah.

Sampai dengan hal yang paling sederhana seperti murah senyum kepada orang lainpun, adalah sedekah. Seperti yang Rasulullah sampaikan.

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah," tutup Reza. (*) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan