Politik

Mangihut Sinaga Turun Gelanggang, Pertarungan Dapil Sumut III Semakin Sengit

JAKARTA (MR) - Mangihut Sinaga SH MH, mantan Staf Ahli Jaksa Agung RI, resmi gabung Partai Golkar. Mangihut bakal didapuk sebagai Caleg DPR RI Partai Golkar Dapil Sumatera Utara III pada Pemilu 2024 mendatang.

Dapil Sumut III meliputi sepuluh kabupaten/kota yakni Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Asahan, dan Kota Tanjungbalai.

Dengan turunnya Mangihut ke gelanggang tampaknya bakal membuat pertarungan di Dapil Sumut III semakin sengit. Saat ini Partai Golkar memiliki dua kursi di DPR RI dari Dapil Sumut III hasil Pemilu 2019.

Betul, Mangihut merupakan wajah baru di dunia perpolitikan Indonesia. Namun sejatinya Mangihut telah membuktikan sukses berkarir puluhan tahun di Kejaksaan RI. Di Korps Adhyaksa, suami Dra Linda Meriati Napitupulu ini sukses meniti kari dari paling bawah hingga menjadi Pejabat Eselon I Kejaksaan Agung RI.

Mangihut muda mengawali karirnya di Kalimantan Timur. Perlahan tapi pasti, karir Mangihut terus menanjak. Di usia yang masih tergolong muda, Mangihut dipercaya menjadi Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bontang. Ketika itu, ayah empat orang anak itu merupakan kajari termuda.

Mangihut tidak hanya sekali menjabat kajari. Bahkan sampai tiga kali. Selain Kajari Bontang, ayah dari Iptu Rivaldo Sinaga ini juga pernah menjabat Kajari Purwodadi, dan Kajari Medan.

Bintang terang Mangihut seolah tak pernah redup. Setelah menjabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Ketua Umum Parsadaan Pomparan Toga Sinaga & Boru (PPTSB) tiga periode atau 12 tahun ini langsung promosi menjadi Kajati Nusa Tenggara Timur. Lazimnya, dari Wakajati terlebih dahulu akan ditarik ke Kejaksaan Agung menduduki jabatan Eselon IIA.

Namun Jaksa Agung Basrief Arief ketika itu mungkin menilai Mangihut merupakan sosok yang berprestasi sehingga langsung dipromosikan menjadi Kajati NTT. Dari Kajati NTT, Mangihut kemudian menjabat Kepala Pusat Manajemen dan Kepemimpinan (Kapusmapim) Badiklat Kejaksaan RI.

Beberapa tahun kemudian Mangihut yang dikenal sebagai sosok humanis, peduli, namun tegas saat bertugas, kembali diangkat menjadi Kajati. Kali ini Mangihut dipercaya menjadi Kajati Sulawesi Utara. Sukses menjabat Kajati Sulut, Mangihut lalu diamanahi menjadi Inspektur V Jamwas Kejaksaan Agung. 

Di usia 57 tahun, Mangihut akhirnya sukses mencapai karir tertinggi di kejaksaan yakni sebagai Pejabat Eselon I Kejaksaan Agung RI. Di awal 2020 lalu, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin melantik Mangihut Sinaga sebagai Staf Ahli Jaksa Agung RI.

Dua tahun lebih menjabat, pada Mei 2022, Mangihut Sinaga, sosok yang dikenal hormat kepada yang tua dan sayang kepada yang muda, akhirnya resmi meninggalkan institusi yang telah membesarkan namanya selama puluhan tahun.

Pensiun dari kejaksaan tidak membuat Mangihut berhenti berkarya untuk bangsa. Beberap waktu lalu Mangihut resmi bergabung dengan Partai Golkar. Bergabungnya Mangihut ditandai dengan pemakaian jaket dan penyerahan KTA oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Mangihut Sinaga.

Kala itu, Ketum Airlangga menyampaikan bahwa Mangihut yang juga mantan Ketua Umum Parsadaan Pomparan Raja Lontung (PPRL), akan maju sebagai calon legislatif yakni Caleg DPR RI Partai Golkar Dapil Sumut III. (rls/man)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan