Riau

Hadiri Buka Bersama, Jaka Abdillah Beri Tausiyah Pengawasan Pemilu

Komisioner Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir, Jaka Abdillah, S.Ag hadiri undangan buka bersama di Kecamatan Pujud. Foto: Wisman

ROHIL (MR) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pujud menggelar buka puasa bersama dengan jajaran Sekretariat, Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) yang digelar di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Pujud di Jalan Lintas Pujud-Tanjung Medan, Kepenghuluan Pujud, pada Jumat (14/4/ 2023).

Buka puasa bersama tersebut turut dihadiri Camat Pujud HM. Yusuf, Sekretaris Camat Pujud Jufri, Tokoh Masyarakat beserta Anggota dan Kepala Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pujud.

Kegiatan buka puasa bersama yang ditaja oleh Panwaslu Kecamatan Pujud tersebut bertujuan membangun konsolidasi internal dengan Sekretriat, Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) serta membangun koordinasi dan silaturahmi sinergitas diantara stakeholders di Kecamatan Pujud seperti Camat Pujud, PPK Pujud, Polsek Pujud, Koramil Tanah Putih dan para Tokoh Masyarakat Kecamatan Pujud.

Dalam sambutannya, Komisioner Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir Jaka Abdillah, S.Ag menyampaikan bahwa dirinya hadir hari ini dalam rangka buka puasa bersama guna memenuhi undangan dari Panwaslu Kecamatan Pujud sebagai Kordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Daerah Pemilihan (Dapil) III, sekaligus memberikan tausiyah jelang berbuka puasa.

Jaka Abdillah mengatakan bahwa saat kita sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan tahun 2023. Akan ada tahapan Pemilu serentak 2024 sedang memasuki tahapan-tahapan yang saling beririsan diantaranya disaat kita sedang fokus melakukan pengawasan tahapan verifikasi faktual Bakal Calon (Bacalon)  Anggota DPD disaat yang bersamaan juga harus melakukan pengawasan terhadap proses pemutakhiran pencoklitan dan penelitian data pemilih dan disaat itu juga masuk tahapan pengawasan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual Partai Prima hasil putusan sidang sengketa Bawaslu RI untuk itu jajaran pengawas pemilu mulai di tingkat Kabupaten hingga di Desa dan kelurahan harus siaga dan tetap bekerja mengikuti instruksi yang diberikan oleh Bawaslu RI.

Jaka menyampikan bahwa kerja cerdas dan kerja keras ini dilaksanakan saat bulan puasa. Selain menempa diri kita menjadi insan yang sukses juga menempa diri kita menjadi insan yang shaleh karena Allah SWT tau bahwa apa yang kita lakukan selain untuk memperbanyak amal shaleh juga untuk mengisi bulan penuh berkah ini berbagai kegiatan amaliyah yang nantinya akan kita nikmati saat hari yang fitri bahwa kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang menang, menang dalam artian mampu berpuasa dan tetap menjalankan aktivitas pekerjaan yang telah diamanahkan kepada kita.

Lebih jauh, Jaka menambahkan, bahwa berpuasa sembari tetap bekerja mengajarkan kita untuk tetap bersabar dan bersikap santun, tidak cepat marah dan lebih mengedepankan memperbanyak amal ibadah karena, karena menurutnya ibadah puasa ini telah dilakukan oleh orang-orang sebelum generasi ini ada sebagaimana diterangkan dalam surah Al Baqarah ayat 183.

"Oleh karena itu, tetaplah berpuasa dan tetaplah bersabar dalam melakukan pengawasan pemilu meskipun hari cukup panas terik karena nantinya akan ada hikmah dari itu semua," ajak dia.

Dalam kesempatan itu, Jaka Abdillah, juga mengucapkan, terima kasih kepada seluruh jajaran internalnya, begitu juga kepada jajaran Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Pujud, yang mana, kegiatan itu langsung dihadiri Camat dan Sekcam Pujud, Anggota dan Kepala Sekretariat PPK Pujud serta Tokoh Masyarakat.

Jaka pun mengharapkan kerjasama semua pihak untuk mensukseskan kerja pengawasan yang dilakukan oleh jajarannya khususnya di Kecamatan Pujud pada Pemilu 2024 mendatang.

"Mari kita jaga kekompakan, silaturahmi dan sinergitas antara Panwascam dan PKD dengan PPK dan jajarannya, kalau ada masalah, kita selesaikan dibawah dulu jangan langsung ke kabupaten, semuanya koordinasi dulu di tingkat bawah yang ada. Karena panwascam adalah perpanjangan tangan dari Bawaslu kabupaten," kata mantan Ketua PWI Rohil tersebut.

Dalam waktu yang sama, Ketua Panwaslu Kecamatan Pujud, Muammar Dini Kurniawan, mengaminkan tentang kegiatan buka puasa bersama dengan Komisioner Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir beserta seluruh jajaran internal baik sekretriat dan PKD, dan mengundang PPK Kecamatan Pujud serta Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimcam), namun hanya dihadiri Camat dan Sekcam Pujud.

Muammar Dini Kurniawan berujar, Panwaslu Kecamatan Pujud melaksanakan buka puasa bersama untuk memperkokoh silaturahim dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal yang dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Rokan Hilir Jaka Abdillah, Camat Pujud H.M. Yusuf beserta Sekcam Pujud Jufri, Tokoh Masyarakat.

"Dengan digelarnya buka puasa bersama ini silaturahim yang telah terbangun selama ini agar dapat terus kita terbina dan kita jaga terlebih lagi disaat bulan suci Ramadhan saat ini," pungkasnya. (man/rls Bawaslu Rohil)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan