Riau

Letkol Arh Hermansyah Tarigan Turun dan Ikut Membantu Memadamkan Kebakaran Hutan

DUMAI (MR) - Dandim 0320/Dumai, Letkol Arh Hermansyah Tarigan, ikut bergabung dalam upaya pemadaman dan pendinginan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai. 

Pada Minggu, 7 Mei 2023, Dandim bergabung bersama Tim Satgas Darat Karhutla Kota Dumai di Tepi Jalan Parit Purba Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai.

Kebakaran yang terjadi di lokasi tersebut melanda lahan gambut dengan vegetasi semak belukar. Dari total luas sekitar 66 hektar lahan yang terbakar, seluruhnya berhasil dipadamkan, namun masih mengeluarkan asap dari dalam gambut sehingga perlu dilakukan kegiatan pendinginan. Kebakaran terjadi pada permukaan dan bagian bawah tanah.

Tim gabungan yang turut serta dalam upaya pemadaman dan pendinginan karhutla terdiri dari 11 instansi, di antaranya TNI, BPBD Kota Dumai, BPBD Provinsi Riau, Manggala Agni, Wilmar, Polres Dumai, Dit Samapta Polda Riau, Brimob, Polsek Medang Kampai, Regdam, dan MPA.

Dalam operasi ini, tim gabungan dilengkapi dengan sarana prasarana (sarpras) pemadam kebakaran. TNI membawa 6 unit mesin Ministreker, sementara BPBD Kota Dumai membawa 1 unit mesin pompa pemadam kebakaran Shibaura TF 745 M dan 1 unit mobil PTO pemadam kebakaran. 

BPBD Provinsi Riau juga membawa 2 unit mesin Ministreker dan 1 unit mesin konser. Manggala Agni membawa 6 unit mesin, terdiri dari 2 unit mesin Shimitsu, 2 unit mesin Mark, dan 2 unit mesin Ministreker. 

Polres Dumai membawa 7 unit mesin Ministreker, Dit Samapta Polda Riau membawa 6 unit mesin Ministreker dan 1 unit mesin Shibahura, Brimob membawa 5 unit mesin Ministreker, Polsek Medang Kampai membawa 1 unit mesin Ministreker, MPA membawa 1 unit mesin Ministreker, dan Regdam membawa 1 unit mesin Ministreker. Selain itu, terdapat juga 3 unit alat berat yang dimiliki oleh Dinas PU (2 unit) dan PT. Invitech (1 unit).

Operasi pemadaman dan pendinginan karhutla tersebut dilakukan di tengah kondisi cuaca yang panas dan angin kencang. 

"Seluruh tim gabungan berupaya semaksimal mungkin untuk memadamkan dan mendinginkan kebakaran hutan dan lahan di lokasi tersebut. Dukungan dan koordinasi yang baik antarinstansi menjadi kunci dalam upaya pemadaman karhutla yang dilakukan," Kata Dandim.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan