Riau

Pelaksanaan Pendinginan Lahan Terus Dilakukan Oleh Babinsa dan Tim

DUMAI (MR) - Serda Aslim Lubis dan Tim Satgas Darat Karhutla Kota Dumai melaksanakan kegiatan pendinginan pada hari Rabu, 17 Mei 2023. 

Kegiatan ini dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Teluk Makmur dan anggota Koramil PWK 04/MK di Jalan Pemda dan Jalan M. Yusuf RT 03, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai.

Lokasi kegiatan ini memiliki kondisi tanah yang terdiri dari gambut dan mineral. Vegetasi yang terbakar meliputi semak belukar dan tanaman sawit. Luas terbakar mencapai 0.5 hektar, dimana api tersebut berasal dari bekas kebakaran lama yang timbul akibat cuaca panas dan angin kencang. Kebakaran ini terjadi pada permukaan dan juga di bagian bawah tanah.

Sumber air yang tersedia di lokasi kebakaran adalah parit besar yang berjarak sekitar 200 meter dari TKP. Selain itu, terdapat tiga titik embung dengan air, namun satu titik embung tidak memiliki air. Cuaca saat itu sedang mendung dengan angin sedang.

Kekuatan personil yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi TNI, Polisi, BPBD, Kelurahan, MPA, dan Kecamatan. Mereka bekerja sama untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah tersebut.

Dalam pelaksanaan tugas, tim Satgas Darat Karhutla Kota Dumai dilengkapi dengan sarana prasarana (sarpras) yang diperlukan. Sarpras yang disiapkan meliputi tiga unit ministreker dan satu unit mesin robin. Sarpras ini merupakan alat yang penting untuk memadamkan kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Melalui kerjasama dan upaya keras dari Serda Aslim Lubis dan Tim Satgas Darat Karhutla Kota Dumai, kegiatan pendinginan ini diharapkan dapat mengendalikan dan memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kelurahan Teluk Makmur. 

"Upaya ini menjadi langkah konkrit dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi risiko bencana kebakaran di Kota Dumai," Kata Babinsa.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan