Riau

Pelda Hendrianto Laksanakan Monitoring Cegah Karhutla

DUMAI (MR) - Babinsa Kelurahan Pelintung, Pelda Hendrianto dari Koramil PWK 04/Medang Kampai, melaksanakan patroli karhutla pasca kebakaran yang terjadi di Jalan Parit Purba RT 09 Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, pada hari Rabu, 24 Mei 2023. 

Kegiatan patroli ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi potensi kebakaran dan untuk memberikan sosialisasi tentang pencegahan karhutla kepada masyarakat.

Setelah terjadi kebakaran di wilayah tersebut, Babinsa Kelurahan Pelintung langsung bergerak cepat untuk melakukan patroli dan memastikan tidak ada titik api yang masih menyala atau adanya potensi kebakaran lainnya. 

"Patroli ini dilakukan guna meminimalisir risiko kebakaran yang dapat merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar," Katanya.

Selain itu, Babinsa juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan karhutla. Masyarakat diajak untuk tidak membakar sampah sembarangan atau membuka lahan dengan cara membakar, karena hal tersebut dapat menyebabkan kebakaran yang sulit dikendalikan dan merugikan banyak pihak.

Pelda Hendrianto menekankan betapa pentingnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan serta mencegah terjadinya karhutla. Ia mengingatkan agar warga selalu waspada terhadap potensi kebakaran dan melaporkan kejadian mencurigakan segera kepada pihak berwenang.

Selama patroli karhutla, Babinsa juga melakukan pemantauan terhadap ketersediaan sumber air dan memastikan adanya akses yang memadai dalam penanggulangan kebakaran. Hal ini penting mengingat keberadaan sumber air yang memadai dapat membantu upaya pemadaman apabila terjadi kebakaran.

Dalam kegiatan patroli ini, Babinsa mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. Masyarakat sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Koramil PWK 04/Medang Kampai dalam menjaga keamanan dan keselamatan wilayah dari ancaman karhutla. Mereka berharap agar kegiatan patroli dan sosialisasi terus dilakukan guna mencegah terjadinya kebakaran yang merugikan.

Babinsa Kelurahan Pelintung, Pelda Hendrianto, berkomitmen untuk terus melakukan patroli dan sosialisasi pencegahan karhutla guna menjaga keselamatan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Ia mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan, menghindari tindakan yang dapat memicu kebakaran, dan melaporkan kejadian mencurigakan segera kepada pihak yang berwenang.

"Melalui upaya yang sinergis antara aparat terkait, masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dari ancaman karhutla. Kegiatan patroli dan sosialisasi ini menjadi langkah konkret dalam mencegah terjadinya kebakaran serta meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan," Ungkap Babinsa.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan