Riau

Babinsa Kodim 0320/Dumai Melaksanakan Giat Cegah Karhutla

DUMAI (MR) - Babinsa Kelurahan Basilam Baru, Sertu Jainal Arifin, melakukan patroli di Jalan Parit PU Lubuk Gaung, Sungai Sembilan, pada Sabtu (08/07/2023), sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. 

Sertu Jainal Arifin, Babinsa Kelurahan Basilam Baru mengungkapkan bahwa, dalam setiap patroli Karhutla, Babinsa selalu memberikan himbauan agar masyarakat ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah, terutama di titik-titik yang rentan terbakar.

Perintah untuk melaksanakan patroli di setiap wilayah terkait Karhutla telah diberikan setiap hari. Sebagai petugas terdepan, Babinsa wajib melaporkan kejadian titik api di wilayah binaannya kepada komando atas. Hal ini menjadi langkah penting dalam mengendalikan situasi dan menindaklanjuti setiap kejadian yang terjadi.

Dalam upaya pencegahan karhutla, Babinsa Kelurahan Basilam Baru juga memberikan sosialisasi mengenai cara-cara pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana kebakaran.

Selain itu, Babinsa juga turut mengajak masyarakat untuk melaporkan secara aktif jika menemukan tanda-tanda potensi kebakaran hutan dan lahan. Dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat, upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla dapat dilakukan dengan lebih efektif dan cepat.

Dalam kondisi musim kemarau yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, kegiatan patroli yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Basilam Baru sangatlah penting. 

"Melalui kerjasama yang baik antara Babinsa dan masyarakat, diharapkan wilayah ini dapat terhindar dari ancaman kebakaran yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan masyarakat," Ujarnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan