Riau

Selamatkan Hutan, Sertu Ramli dan MPA Melaksanakan Patroli

DUMAI (MR) - Pada hari Minggu, tanggal 16 Juli 2023, Babinsa Kelurahan Mundam, Sertu Ramli, yang merupakan anggota pos Ramil 02 Koramil 02/BK, bekerja sama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) di kelurahan Mundam melaksanakan patroli dan sosialisasi mengenai pencegahan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di beberapa lokasi strategis. Patroli dan sosialisasi ini dilakukan di Jalan Parit Ginen RT 03, Dumai Motor, dan Jalan Parit Tugu RT 04, Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya karhutla dan pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lahan. Babinsa Sertu Ramli bekerja sama dengan MPA untuk menjangkau lebih banyak warga dan memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai bahaya karhutla.

Selama patroli, Babinsa Sertu Ramli dan anggota MPA aktif berinteraksi dengan masyarakat setempat. Mereka menyampaikan larangan tegas terhadap pembukaan lahan dengan cara membakar. Selain itu, ditegaskan pula sanksi-sanksi hukum yang akan diberikan kepada siapa pun yang kedapatan melakukan pembakaran lahan.

Sosialisasi yang dilakukan berfokus pada pentingnya menjaga lingkungan dan hutan sebagai sumber kehidupan. Dalam situasi iklim yang semakin kering dan rawan kebakaran, upaya pencegahan karhutla menjadi tanggung jawab bersama, termasuk peran aktif masyarakat.

Kehadiran Babinsa Sertu Ramli dalam kegiatan ini sebagai perwakilan TNI bertujuan untuk memperkuat sinergi antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan. Dengan dukungan dari Babinsa, sosialisasi mengenai pencegahan karhutla ini dapat lebih efektif dan merangkul lebih banyak pihak.

"Melalui kegiatan patroli dan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat di kelurahan Mundam akan semakin sadar akan bahaya karhutla dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Dengan demikian, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir, dan kelestarian alam serta keselamatan masyarakat dapat terjaga dengan baik," Kata Babinsa.

Babinsa Sertu Ramli mengharapkan bahwa upaya pencegahan karhutla ini akan terus berlanjut dan menjadi gerakan rutin di wilayah Kelurahan Mundam. Dengan dukungan dari masyarakat dan TNI, diharapkan karhutla dapat dicegah dengan lebih baik dan wilayah tersebut akan tetap aman dari ancaman kebakaran.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan