Riau

Sertu Abu Kosim Ingatkan Masyarakat Mengenai Karhutla

DUMAI (MR) - Pada hari Senin, 17 Juli 2023, Koramil-01/Dumai yang berada di bawah naungan Kodim 0320/Dumai, melaksanakan giat patroli Karhutla. Kegiatan ini dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Ratusima, Sertu Abu Kosim, guna mencegah potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah yang rawan.

Dalam giat patroli Karhutla ini, Sertu Abu Kosim bersama dengan timnya melakukan penjelajahan di wilayah sekitar Jalan Dumai Motor. Lokasi ini telah diidentifikasi sebagai wilayah rawan Karhutla, sehingga perlu mendapat perhatian khusus dalam upaya pencegahan.

Selama patroli, Sertu Abu Kosim memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang ditemui di sekitar Jalan Dumai Motor. Sosialisasi difokuskan pada pentingnya tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena hal tersebut dapat menyebabkan kebakaran yang merugikan banyak pihak.

"Sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Karhutla dan pentingnya menjaga lingkungan dari risiko kebakaran. Dalam situasi cuaca yang kering dan rawan kebakaran, peran aktif masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan," Ujarnya.

Babinsa Sertu Abu Kosim juga menyampaikan informasi mengenai sanksi hukum yang akan dikenakan bagi siapa saja yang melakukan pembakaran lahan secara ilegal. Ditekankan pula bahwa pencegahan Karhutla merupakan tanggung jawab bersama, dan kerjasama antara TNI dan masyarakat sangat diperlukan untuk mencapai tujuan ini.

Melalui kegiatan patroli dan sosialisasi ini, Babinsa Sertu Abu Kosim berharap bahwa kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan Karhutla akan semakin meningkat. Dengan begitu, potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir.

Koramil-01/Dumai dan Babinsa Sertu Abu Kosim mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mencegah Karhutla. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan wilayah tersebut akan terbebas dari kebakaran dan tetap menjadi lingkungan yang aman dan lestari.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan