Raja Arab Saudi ke Indonesia

Bandara Ngurah Rai Siapkan Area Parkir Khusus untuk Pesawat Raja Arab

Tangga motorized atau excavator yang khusus digunakan oleh Raja Salman telah mendarat lebih dulu sejak tengah malam tadi di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Ngurah Rai Bali. 

DENPASAR (MR) - PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Raimenyiapkan lahan parkir yang khusus disediakan bagi pesawat Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud selama berlibur di Bali, 3 sampai 9 Maret 2017.

"Kami sudah menyiapkan terkait parkir dan pelayanan penumpangnya," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Denpasar, Kamis (23/2).

Menurut Yanus, untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas penerbangan, pihaknya akan menjalin koordinasi dengan instansi terkait lainnya yang dipusatkan di Base Operation Lanud Ngurah Rai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan persnya menyatakan, komunitas penerbangan di Indonesia siap menyambut dan melayani kunjungan rombongan besar Kerajaan Arab Saudi ke Jakarta dan Bali pada 2-12 Maret 2017 mendatang via Bandara Halim Perdanakusuma untuk selanjutnya melakukan kunjungan kenegaraan.

Raja Salman melanjutkan kegiatannya di Indonesia dengan berlibur ke Pulau Dewata.

"Kami akan memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan rombongan VVIP tersebut selama di bandara," ujar Budi Karya.

Terkait dengan penyambutan itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara akan mengeluarkan "Notice to Airman" (Notam) yang diperlukan untuk peringatan terhadap semua pihak yang terkait penerbangan di dua bandara tersebut.

"Kami akan mengeluarkan 'notam' secepatnya jika ada kegiatan terkait penerbangan VVIP dari Kerajaan Arab Saudi," kata Kepala Bagian Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio.

Saat ini di Bandara Ngurah Rai Bali, telah dibentuk pos koordinasi yang dikoordinasikan oleh TNI AU terkait kegiatan penyambutan rombongan VVIP tersebut.

Posko tersebut beranggotakan PT Angkasa Pura I (Pengelola Airport), AirNav Indonesia, TNI AU, Otoritas Bandar Udara (OBU) dan Kepolisian RI.

Juga telah direncanakan rekayasa parkir untuk pesawat-pesawat rombongan tersebut yang terdiri dari empat pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, dua pesawat Boeing 777 dan dua pesawat C-130 Hercules.

Pesawat Raja Salman akan diparkir dan menginap di tempat parkir B-27. Sebagai alternatif, pesawat VVIP tersebut juga bisa ditempatkan di tempat parkir B-17. Sedangkan pesawat pendukung akan diparkir di tempat parkir B-22 hingga B-26.

Jika menginap, pesawat pendukung akan ditempatkan di Apron Selatan atau dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Juanda, Surabaya. Untuk dua pesawat C-130 Hercules akan ditempatkan di tempat parkir B28-B29.

Menurut Agoes, pengaturan parkir tersebut perlu dilakukan karena sebagian besar pesawat tersebut berbadan besar.

Dengan pengaturan parkir yang baik, diharapkan tidak mengganggu operasional sehari-hari pesawat di Bandara Ngurah Rai sehingga keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan penumpang reguler tetap terpenuhi dengan baik.*** (tribunnews)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan