Riau

Sertu Muzainudin Laksanakan Pengecekan Kesehatan Hewan Ternak

DUMAI (MR) - Sertu Muzainudin, Babinsa dari Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, terus mengintensifkan pengecekan hewan ternak di wilayah Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, dalam upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dalam setiap kunjungannya, Sertu Muzainudin tidak hanya melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik hewan ternak, tetapi juga memberikan himbauan kepada pemilik ternak agar segera melapor apabila menemukan gejala atau tanda-tanda penyakit PMK pada hewan ternaknya. Hal ini dilakukan untuk memastikan respons cepat dalam menangani potensi penyebaran penyakit.

Pada salah satu kunjungannya ke kandang milik Edi, seorang peternak di Desa Tanjung Bunga, Sertu Muzainudin menjalankan prosedur pengecekan dengan seksama. Dia mencari gejala-gejala khas yang mungkin mengindikasikan adanya PMK pada hewan ternak tersebut.

Setelah melakukan pengecekan menyeluruh, Sertu Muzainudin menyatakan bahwa ternak milik Edi dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit PMK. Dia berharap bahwa upaya-upaya seperti ini dapat membantu masyarakat setempat untuk menjaga kesehatan hewan ternak mereka.

Sertu Muzainudin juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan segera jika ada hewan ternak yang menunjukkan gejala PMK. 

"Langkah pencegahan seperti ini sangat penting untuk menghindari penyebaran penyakit yang dapat merugikan sektor peternakan dan perekonomian masyarakat," Ujarnya.

Pihak berwenang di Kabupaten Kepulauan Meranti bersama dengan Babinsa seperti Sertu Muzainudin terus berupaya keras untuk mencegah penyebaran PMK di wilayah tersebut. Pemberian informasi kepada masyarakat dan pengecekan rutin terhadap hewan ternak merupakan bagian dari strategi ini.

Kegiatan pengecekan hewan ternak oleh Babinsa berlangsung dengan tertib dan mendapat sambutan baik dari masyarakat. Semua pihak berharap bahwa upaya ini akan membantu menjaga kesehatan ternak dan mencegah penyebaran penyakit PMK di wilayah Desa Tanjung Bunga.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan