Riau

Curah Hujan Tinggi, 330 Rumah Warga Rohul Riau Direndam Banjir

Kondisi banjir di Rokan Hulu

ROHUL (MR) - Akibat intensitas curah hujan yang tinggi sejak Jumat (20/10/20230) malam, mengakibatkan dua dusun dan satu desa di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu tergenang air. Diperkirakan, ada 330 rumah warga yang terdampak dari banjir tersebut. 

“Ada sekitar 330 rumah warga yang terdampak banjir. Yaitu, Dusun Pawan Hilir dan Dusun Pawan Hulu, Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu,” ungkap Danru TRC BPBD Rohul, Berly, pada Sabtu (21/10/2023). 

Ia menyampaikan, terjadinya banjir itu akibat curah hujan yang tinggi sehingga saluran air yang ada di wilayah sungai Pawan tidak mampu menampung debit air, hingga terjadi luapan sampai ke permukiman warga. “Banjir terjadi sekitar pukul 23.00 WIB,” jelas Berly. 

Berly menjelaskan, ketinggan air saat ini mencapai 80 sentimeter hingga 1 meter. Dan warga sekitar masih memilih untuk bertahan di rumah masing-masing. “Warga masih bertahan, belum ada yang mengungsi,” jelasnya. 

Ia juga memastikan, sampai saat ini korban jiwa akibat banjir tersebut tidak ada. Sementara di tempat yang sama, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR menghimbau warga agar menjaga anak-anaknya. 

“Saya mengimbau kepada orang tua yang memiliki anak agar menjaga anak-anaknya agar tidak bermain di lokasi banjir,” iiimbau Peltu M. Yakfi. 

Ia menjelaskan, banjir terjadi karena hujan deras mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Dan saat ini, petugas gabungan TNI Polri dan BPBD masih memantau di lokasi banjir.

Polisi Berikan Bantuan

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, menyampaikan bahwa pihaknya memerintahkan personelnya untuk terus memantau dan memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak banjir. “Personel sudah kita kerahkan ke lokasi banjir di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Bangun Purba dan Kecamatan Rambah. Tentunya ini sebagai bentuk wujud kepedulian polri untuk selalu mengayomi dan melayani masyarakat,” jelas AKBP Budi Setiyono, pada Sabtu (21/10).

Ia menjelaskan, pihaknya melalui Kapolsek Rambah Iptu Suheri Sitorus sedang berada di lokasi banjir sekaligus memberikan bantuan berupa beras untuk di salurkan langsung kepada warga yang terdampak banjir. (Paber)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan