Nasional

Presiden Jokowi: Kunjungan Raja Salman Jadi Titik Tolak Peningkatan Hubungan RI-Saudi

Presiden Jokowi menyaksikan Raja Salman menandatangani buku tamu kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3). (Foto: Humas/Agung)

JAKARTA (MR) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud ke Indonesia merupakan kunjungan yang sangat bersejarah.

“Bagi Indonesia, Arab Saudi merupakan salah satu mitra terpenting di Timur Tengah, baik dari segi hubungan antar masyarakat maupun hubungan ekonomi dan politik,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pertemuan bilateral delegasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan delegasi Kerajaan  Arab Saudi, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3) sore.

Presiden Jokowi meyakini  Indonesia dapat menjadi mitra yang strategis dalam upaya mencapai visi 2030 Arab Saudi melalui kerjasama ekonomi yang erat sebagai sesama negara muslim.

Dua Negara Besar

Sebelumnya saat memberikan sambutan usai jamuan makan siang bersama, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi adalah dua negara besar, yang memiliki pengaruh penting di kawasan.

“Sudah selayaknya dua negara kita dapat terus meningkatkan kerja sama baik dalam konteks bilateral maupun internasional,” kata Presiden.

Saudi, kata Presiden, punya posisi penting bagi Indonesia, karena menjadi salah satu dari tujuh negara pertama yang memberi pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947.

“Kunjungan Sri Baginda Raja ini menjadi titik tolak bagi peningkatan hubungan Indonesia dan Arab Saudi, yang dipersatukan oleh Islam, oleh persaudaraan, dan hubungan saling menguntunkan,” ungkap Presiden Jokowi.

Seusai pertemuan bilateral kedua pemerintah dilakukan serangkaian penandatanganan dalam berbagai bidang yang dilakukan oleh para menteri terkait, disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Raja Salman.*** (humassetkab)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan