Daerah

Manfaat Pentingnya Pola Asuh Pada Anak

Bagi Kawan Puan yang sudah menjadi orang tua, apakah kita pernah mengevaluasi pola asuh anak yang sudah dilakukan selama ini?

Jika selama ini kita dan pasangan merasa pola asuh anak selama ini kurang tepat, yuk  sama-sama tingkatkan pula asuh anak. 

Menurut Kepala Bidang BKKBN inhil Drs H. Asril, pola asuh anak yang tepat dapat berperan untuk masa depan anak yang lebih berkualitas bahkan gaya pengasuhan memengaruhi berbagai aspek perkembangan anak, yaitu:

- Kognitif,

- Emosional,

- Dan sosial anak.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pola pengasuhan bersama, yang menekankan pada berbagai hal seperti negosiasi, kompromi, dan pendekatan inklusif untuk pengambilan keputusan dan pembagian peran keluarga.

"Pengasuhan bersama antara ayah dan ibu menawarkan cinta, penerimaan, penghargaan,

dorongan, dan bimbingan kepada anak-anak mereka,"Ujar Kabid BKKBN inhil Drs H. Asril.

Ia menambahkan bahwa orang tua berperan dalam memberikan dorongan, dukungan, nutrisi, dan akses ke aktivitas untuk membantu anak memenuhi milestone aspek perkembangan anak bahkan dalam konteks percepatan penurunan angka stunting, pengasuhan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) menjadi sangat penting.

Sebab orang tua wajib memastikan kebutuhan nutrisi dan psiko-sosial sejak janin sampai dengan anak usia 23 bulan.

"Peran Tim Pendamping Keluarga menjadi krusial untuk mendampingi keluarga berisiko stunting dalam pemberian informasi pengasuhan di Bina Keluarga Balita," Katanya

Terkhir, Tujuannya untuk mencapai semua aspek kehidupan anak dan bersaing di fase kehidupan selanjutnya dimulai dari remaja hingga lanjut usia.

"Pola asuh yang tepat dari orangtua dinilai mampu membentuk anak yang hebat dan berkualitas di masa depan," Tuturnya Kabid BKKBN inhil Drs H. Asril




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan