Pendidikan

Membuat Pembelajaran Bahasa Indonesia Jadi Menyenangkan

ELFIZA, S.Pd, Guru SMP Negeri 1 Mandau

BAHASA Indonesia adalah bahasa yang kita gunakan setiap hari untuk berkomunikasi. Walaupun bahasa ini digunakan untuk sehari-hari, tetap harus dipelajari.

Saat ini, tidak jarang siswa merasa bosan ketika pelajaran Bahasa Indonesia dimulai. Mereka beranggapan pelajaran yang satu ini kurang penting karena selalu digunakan untuk sehari-hari.

Akhirnya, siswa justru sibuk dengan kegiatan lain ketika pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung.

Bahkan ada yang sengaja membolos saat pelajaran Bahasa Indonesia. Padahal Belajar Bahasa Indonesia tidak selamanya membosankan.

Belajar bahasa Indonesia akan menyenangkan jika menggunakan teknik yang menyenangkan sehingga siswa tertarik belajar bahasa Indonesia.

Tidak seperti mata pelajaran lainnya yang lebih banyak penjelasan teoretis, Bahasa Indonesia lebih menekankan latihan dan praktik.

Guru dan tenaga kependidikan biasanya memberikan pembelajaran yang  biasa bersifat memberi pengetahuan saja tanpa memberi kesempatan kepada siswa  untuk lebih berperan aktif dalam pembelajaran .

Kegiatan untuk  berdiskusi atau melakukan praktik secara langsung  jarang  digunakan agar siswa lebih mengerti dan menemukan sendiri materi yang dipelajari.

Kurangnya pemilihan metode yang tepat yang sesuai dengan materi pembelajaran merupakan salah satu pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa. Siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran yang hanya itu ke itu saja, atau pembelajaran tidak bervariasi.

Adapun langkah-langkah yang dapat diusahakan supaya pembelajaran Bahasa Indonesia menyenangkan bagi siswa diantaranya:

1.      Sebelum memberi materi sebaiknya guru menciptakan suasana yang menyenangkan yang menjadikan siswa menyukai pelajaran bahasa Indonesia.

2.      Pilihlah model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

3.      Lakukan pembelajaran di luar kelas yang berbaur dengan alam untuk menghilangkan kebosanan pada siswa. Pelajaran ini biasa dilakukan pada menulis puisi, menulis cerpen dan bentuk karya sastra lainnya.

4.      Biasakan membuat perlombaan kecil-kecilan ketika pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Kompetisi tersebut diikuti oleh seluruh siswa di kelas dan dinilai oleh guru dan diberi hadiah kecil-kecilan.

Demikianlah tips dan teknik belajar Bahasa Indonesia agar menyenangkan dan tidak membosankan.

Dengan strategi yang menarik ini , siswa lebih mudah menerima dan memahami materi pelajaran. Jika semua guru bahasa Indonesia dapat melakukan hal-hal yang mengubah paradigma ini siswa yang biasa bosan berubah menjadi menyenangkan.

Dengan menyenangi dan terus belajar Bahasa Indonesia diharapkan kita dapat menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Penulis:   ELFIZA, S.Pd
Guru SMP Negeri 1 Mandau




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan