Riau

Babinsa Kelurahan Bumi Ayu Sosialisasikan Langkah Preventif PMK

DUMAI (MR) - Babinsa Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan, Serma Sukardi, dari Koramil-01/Dumai - Kodim 0320/Dumai, melaksanakan sosialisasi tentang pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di peternakan RT 07 yang dimiliki oleh Muji, (21/4).

Dalam upaya menjaga kesehatan ternak dan mencegah penyebaran penyakit, Serma Sukardi memberikan pentingnya menjaga kebersihan kandang serta memastikan ternak tetap sehat.

"Upaya pencegahan adalah kunci utama dalam melindungi ternak dari Penyakit Mulut dan Kuku. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan perhatian pada kesehatan ternak, kita dapat mengurangi risiko penularan penyakit yang dapat merugikan peternakan," jelasnya.

Serma Sukardi juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kesehatan ternak. 

"Kami mengajak seluruh warga untuk turut serta dalam upaya pencegahan PMK ini. Dengan kesadaran bersama, kita dapat menciptakan lingkungan peternakan yang sehat dan produktif," ujarnya.

Serma Sukardi juga memberikan saran praktis kepada pemilik ternak terutama dalam menjaga kebersihan kandang milik mereka. 

"Selain menjaga kebersihan kandang, penting untuk memberikan pakan yang sehat dan bergizi kepada ternak. Hal ini akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ternak, sehingga mereka lebih tahan terhadap penyakit," katanya.

Dalam kunjungannya, Babinsa Kodim 0320/Dumai juga memberikan informasi tentang gejala-gejala PMK yang perlu diwaspadai, serta langkah-langkah yang harus diambil jika ternak terjangkit penyakit tersebut. 

"Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, kami terus mengedukasi masyarakat agar lebih proaktif dalam menjaga kesehatan ternak mereka," tambahnya.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Bumi Ayu ini mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat. Mereka berharap akan adanya kegiatan serupa yang dilakukan secara berkala untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ternak dan mencegah penyebaran penyakit di wilayah mereka.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan