Riau

Sertu Samsuddin Siregar Berikan Sosialisasi Terkait Pencegahan Karhutla

DUMAI (MR) - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Babinsa Koramil-01/Dumai, Sertu Syamsudin Siregar, melaksanakan patroli dan sosialisasi di wilayah yang rawan karhutla di RT 04 Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur pada hari Senin, 22 April 2024.

Patroli ini dilakukan untuk memantau kondisi wilayah dan mendeteksi dini potensi terjadinya karhutla. Sertu Syamsudin Siregar menyusuri area persawahan dan perkebunan yang rawan karhutla.

Selain patroli, Sertu Syamsudin Siregar juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla dan cara-cara pencegahannya. Ia menyampaikan bahwa membakar lahan untuk membuka ladang merupakan salah satu penyebab utama terjadinya karhutla.

"Membakar lahan untuk membuka ladang merupakan salah satu penyebab utama terjadinya karhutla. Saya harap masyarakat tidak melakukan hal ini karena dapat membahayakan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan," kata Sertu Syamsudin Siregar.

Sertu Syamsudin Siregar juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah karhutla. Ia meminta masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat ada tanda-tanda akan terjadinya karhutla.

"Saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah karhutla. Jika melihat ada tanda-tanda akan terjadinya karhutla, segera laporkan kepada pihak berwenang," ujar Sertu Syamsudin Siregar.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Sertu Syamsudin Siregar mendapat respon positif dari masyarakat. Mereka menyatakan kesediaannya untuk membantu mencegah terjadinya karhutla di wilayahnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa yang sudah memberikan sosialisasi tentang bahaya karhutla. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayah kami," kata salah satu warga RT 04 Kelurahan Tanjung Palas.

Diharapkan dengan patroli dan sosialisasi yang rutin dilakukan oleh Babinsa, dapat mencegah terjadinya karhutla di wilayah Dumai.

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan