Riau

Babinsa Koramil-01/Dumai Gelar Patroli Anti Kebakaran di Jalan Dumai Motor

DUMAI (MR) - Babinsa Koramil-01/Dumai - Kodim 0320/Dumai, Sertu Syamsudin Siregar, gencar melakukan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah binaannya, khususnya di Jalan Dumai Motor, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur. Kegiatan ini dilakukan pada hari kamis, 25 April 2024.

Patroli ini dilakukan untuk memantau kondisi wilayah dan mendeteksi dini potensi terjadinya karhutla. Sertu Syamsudin Siregar menyusuri area perkebunan yang rawan karhutla, sembari mengamati kondisi sekitar dan mencari tanda-tanda adanya pembakaran liar.

"Wilayah Jalan Dumai Motor ini merupakan salah satu kawasan yang rawan karhutla. Oleh karena itu, kami terus melakukan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran," kata Sertu Syamsudin Siregar.

Selain patroli, Sertu Syamsudin Siregar juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan masyarakat sekitar. Ia memberikan edukasi tentang bahaya karhutla dan dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan.

"Membakar lahan untuk membuka ladang merupakan salah satu penyebab utama terjadinya karhutla. Saya harap masyarakat tidak melakukan hal ini karena dapat membahayakan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan," ujar Sertu Syamsudin Siregar.

Sertu Syamsudin Siregar juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah karhutla dengan melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat ada tanda-tanda akan terjadinya karhutla.

"Jika melihat ada asap atau api di sekitar, segera laporkan kepada pihak berwenang. Kita harus bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan," tutur Sertu Syamsudin Siregar.

Masyarakat menyambut baik kegiatan patroli dan sosialisasi yang dilakukan oleh Sertu Syamsudin Siregar. Mereka berkomitmen untuk tidak membakar lahan dan membantu mencegah terjadinya karhutla.

"Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa atas sosialisasi tentang bahaya karhutla. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak membakar lahan dan membantu mencegah terjadinya karhutla," kata salah satu warga Jalan Dumai Motor.

Diharapkan dengan patroli dan sosialisasi yang rutin dilakukan oleh Babinsa, karhutla di wilayah Dumai Timur dapat dicegah. 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan