Riau

Penutupan Perayaan Paskah Tahun 2024 Pemuda/i BKGD Meriah dan Hidmat

DUMAI (MR) - Sebulan sudah perayaan Paskah Tahun 2024 Pemuda/i Badan Kerjasama Gereja-gereja se-Kota Dumai (BKGD) berlangsung, akhirnya mencapai klimaks pada Minggu (26/5/2024) sore.

Perayaan Paskah Tahun 2024 Pemuda/i BKGD ditutup dengan ibadah panitia bersama Ketua BKGD Pdt Harry Panggabean, S.Th., dan jajaran pengurus, para Hamba Tuhan lintas denominasi anggota BKGD serta para jemaat gereja se-Kota Dumai di gedung serbaguna Sintani Jaya Mukti.

Sebelum ibadah dimulai, terlebih dahulu dilangsungkan prosesi kedatangan Ketua BKGD Pdt Harry Panggabean dan para Hamba Tuhan bersama Ketua Panitia Joni Sinurat.

Penari rebana dan tamborin remaja putri GPdI Alhayat mengiringi kedatangan rombongan memasuki gedung. Tak berhenti sampai disitu, selama berlangsungnya ibadah, para penari mengiringi dari awal hingga akhir ibadah di pelataran gedung, dengan posisi di antara barisan Hamba Tuhan terdepan dan mimbar.

Hal ini mengingatkan kepada jemaat, saat Bangsa Israel membawa Tabut Tuhan masuk ke istana Raja Daud. Liuk tarian dengan ritme teratur dan aksesoris yang menyertai para remaja putri GPdI Alhayat itu, hampir menyerupai sukacita Raja Daud (2 Samuel 6: 1-23).

Untuk pelayanan Firman Tuhan, panitia mengamanahkan kepada Pdt.T W Sihombing, S.Th., Gembala GPI Jl Air Bersih.

Usai ibadah, Ketua panitia Joni Sinurat mengucapkan terima kasih kepada para Hamba Tuhan yang sudah mendukung pelaksanaan perayaan Paskah Pemuda BKGD tahun itu.

"Shalom Aleichem b’Shem Ha Masciach. Sebagai kaum muda, tentu banyak kekurangan kami dalam merayakan paskah tahun ini. Namun berkat arahan dan bimbingan Ketua BKGD Pdt Harry Panggabean serta para Hamba Tuhan, kami bisa menyelenggarakan perayaan. Terimakasih juga kepada para donatur perusahaan swasta, BUMN/BUMD Kota Dumai, pribadi maupun bantuan dari jemaat gereja semuanya. Terimakasih juga atas kerjasama sesama panitia, mulai dari hari pertama hingga penutupan hari ini. Haleluya.. Puji Tuhan.. Horas..!!," ucap Joni Sinurat lewat mimbar, usai ibadah.

Shalom Aleichem b’Shem Ha Masciach berasal dari bahasa Ibrani atau Yahudi, dalam bahasa Indonesia memiliki arti damai kiranya menyertaimu di dalam nama Sang Mesias (Yesus Kristus).

"Terimakasih juga kepada panitia Ketua Paskah Joni Sinurat dan jajaran pengurus yang sudah bekerja keras menyelenggarakan perayaan Paskah Tahun ini. Kami berharap agar tahun depan bisa dirayakan lebih meriah lagi," pungkas Pdt Harry Panggabean.

Sebelum ditutup dan foto bersama, panitia mengumumkan nama-nama pemenang perlombaan dan memberi hadiah secara simbolis kepada pemenang.

Adapun perlombaan yang dipertandingkan diantaranya, futsal, bola voli, vokal solo dan vokal group.

Diketahui, seremonial perayaan Paskah Tahun 2024 Pemuda/i BKGD itu dimulai sejak 25 April lalu di Lapangan Futsal Timo Jl Merdeka Baru Kelurahan Teluk Binjai.

Mata acara pertama perlombaan adalah futsal, kedua bola volley di lapangan HKBP Immanuel Jl Pulau Mampu, vokal solo dan vokal group di gedung GPI Jl Air Bersih.

Rangkaian karnaval yang diisi fragmen pengadilan Yesus Kristus dihadapan Raja Pontius Pilatus, tuduhan palsu, penyiksaan oleh tentara Romawi dilangsungkan di halaman Gereja HKBP Dumai Kota, Jl Sultan Syarif Kasim.

Sementara, fragmen saat Tuhan Yesus memikul salib menuju Bukit Golgota (Tengkorak) dengan tubuh terluka untuk disalibkan, berlangsung sepanjang Jl Sultan Syarif Kasim, masuk ke Jl Air Bersih dan berakhir di halaman GPI Jl Air Bersih. Karnaval berjalan dengan pengawalan ketat dari personil Satlantas Polres Dumai.

Di halaman gereja ini (Bukit Golgota) ditampilkan fragmen berakhir dengan penyaliban, penguburan, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus ke Surga.

Seluruh rangkaian fragmen tampak seolah nyata, karena para pemeran menggunakan atribut dan aksesoris yang hampir menyerupai situasi pada jaman cerita tersebut. Para jemaat maupun masyarakat yang dilalui fragmen terlihat beberapa kali berikan applaus ke para pemain.

Ada baiknya, BKGD bisa menyalurkan talenta para remaja/pemuda/i ini agar remaja/pemuda/i ini agar mereka bisa semakin baik kedepannya.

Mulai dari awal hingga akhir perayaan Paskah, ibadah, sambutan, pembagian hadiah hingga momen foto bersama, penutupan Paskah 2024 Pemuda/i BKGD berlangsung cukup meriah dan hikmat.

(ES)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan