Riau

Sertu Nono S. Ingatkan Warga Jaya Mukti Jaga Kebersihan Kandang untuk Cegah PMK

DUMAI (MR) - Pada hari Rabu, 5 Juni 2024, Babinsa Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, Sertu Nono S. melaksanakan sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 07, milik Usman. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kodim 0320/Dumai untuk menjaga kesehatan ternak di wilayah tersebut.

Sertu Nono S. menjelaskan pentingnya kebersihan kandang dalam mencegah penyebaran PMK. 

"Kebersihan kandang adalah kunci utama untuk mencegah penyakit ini. Ternak yang sehat berasal dari lingkungan yang bersih," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Dalam sosialisasi tersebut, Sertu Nono S. memberikan informasi tentang gejala-gejala PMK dan cara penanganannya. Ia menekankan bahwa deteksi dini sangat penting untuk mencegah penyebaran lebih lanjut. 

"Jika ada gejala, segera laporkan kepada pihak terkait agar dapat ditangani secepat mungkin," tambahnya.

Warga RT 07 yang hadir dalam sosialisasi ini tampak antusias dan aktif bertanya mengenai cara menjaga kebersihan kandang. Usman, pemilik kandang, mengaku sangat terbantu dengan informasi yang diberikan oleh Babinsa. 

"Saya jadi lebih paham bagaimana cara menjaga ternak tetap sehat dan bebas dari PMK," katanya.

Selain memberikan penjelasan secara teoritis, Sertu Nono S. juga melakukan demonstrasi cara membersihkan kandang yang benar. Ia menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti agar kandang selalu dalam kondisi bersih dan steril. 

"Ini adalah contoh sederhana, tapi sangat efektif jika dilakukan secara rutin," jelasnya.

Kodim 0320/Dumai terus berkomitmen untuk melakukan sosialisasi serupa di berbagai wilayah lainnya. 

"Kami akan terus turun ke lapangan untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang tepat tentang pencegahan PMK," kata Sertu Nono S. mengakhiri wawancara.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan warga Dumai Timur semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan kandang dan kesehatan ternak, sehingga dapat mencegah penyebaran PMK di wilayah mereka.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan