Riau

Kadis PUPR Rohul Sebut Perbaikan Infrastruktur Jalan jadi Prioritas

ROKANHULU (MR) - Komitmen Pemerintah Daerah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya untuk memperbaiki infrastruktur jalan, agar akses masyarakat saat mengeluarkan hasil kebunnya bisa tercapai.

Salah satu yang menjadi fakta adalah peningkatan jalan penghubung antara Desa Pawan menuju Desa Sialang Jaya (Hapanasan), dengan panjang jalan yang diperbaiki mencapai 1082 meter dengan biaya Rp 493.446.657.00.

Dari penuturan salah seorang warga Pawan, Andi (40), menyampaikan, jalan yang diperbaiki merupakan salah satu urat nadi bagi masyarakat setempat yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

"Sebelumnya kondisi jalan yang kurang baik sering menjadi kendala utama dalam mengangkut hasil panen. Sekarang Alhamdulillah sudah bagus. Terima kasihlah buat pihak PU," ujar Andi, pada Minggu (16/6/2024).

Selain Andi, para pelajar juga merasakan hal sama atas perbaikan jalan yang dikerjakan oleh PUPR. "Jalan ini merupakan jalur utama yang menghubungkan ke sekolah," terang Mimin.

Menurutnya, sebelum adanya peningkatan jalan, ia bersama siswa lainnya sangat sulit jika ke sekolah apalagi musim hujan.

"Kami sering kesulitan saat musim hujan karena jalan berubah menjadi lumpur dan sulit dilalui. Sekarang perjalanan ke sekolah menjadi lebih lancar dan kami bisa tiba lebih cepat," ujar Mimin.

Tidak hanya itu, para petani juga merasa terbantu dengan adanya akses jalan yang lebih baik ini. Hasil panen mereka kini dapat diangkut dengan lebih mudah dan cepat ke pasar atau tempat penampungan lainnya. Hal ini tentu berdampak positif terhadap ekonomi lokal karena mempercepat alur distribusi hasil pertanian.

Sementra di tempat terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu, Anton ST, MM, mengatakan, bahwa proyek peningkatan jalan ini merupakan bagian dari program pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di wilayah ini demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Anton menjelaskan, proyek tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat setempat yang merasakan langsung manfaatnya. Mereka berharap agar Pemerintah Rohul terus memperhatikan dan mengalokasikan dana untuk peningkatan infrastruktur yang lebih luas lagi, terutama di wilayah pedesaan yang masih membutuhkan perhatian serius.

"Dengan peningkatan jalan penghubung ini diharapkan akan semakin banyak proyek serupa yang dilakukan di berbagai desa lainnya di Kabupaten Rokan Hulu," jelasnya.

"Ini akan membawa dampak positif, tidak hanya bagi petani dan siswa, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Rohul," sambung Anton. (Ded).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan