Daerah

Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Surveilens Kualitas Air Minum Yang Diikuti Seluruh Perwakilan Puskesmas Di Inhil

INHIL (MR) - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar pertemuan tatalaksana penyelenggaraan surveileans kualitas air minum ditingkat rumah tangga dan inspeksi kesehatan lingkungan tempat fasilitas umum, tempat pengelolaan pangan, sarana air minum dan Fasyankes di Kabupaten Indragiri Hilir, Senin 24 Juni 2024.

Surveilens ini merupakan bentuk pengawas secara internal yang dilakukan oleh pengelola, penyelenggara dan penanggungjawab tempat fasilitas umum. Sementara secara internal dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Indragiri Hilir dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan surveilens kualitas air minum rumah tangga bertujuan untuk mengetahui tingkat resiko pencemaran lingkungan dan bertujuan melihat kualitas air secara fisik, kimia, biologi serta mengetahui prilaku pengelolaan air minum  rumah tangga.

"Adapun jumlah peserta sebanyak 30 orang dari perwakilan masing-masing puskesmas se Kabupaten Indragiri Hilir, terutama pemegang program kesehatan lingkungan," Sebut Rahmi. 

Acara tersebut Bertempat di aula Hotel Harmona Inn, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir pertemuan tatalaksana tersebut ini diikuti sebanyak 30 peserta dari masing-masing perwakilan puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir dengan menghadirkan 2 narasumber.

"Kegiatan ini biasanya diawali dengan observasi,  dilanjutkan dengan wawancara inspeksi kesetanan lingkungan dan pengambilan sampel di lokasi yang sudah ditentukan," jelas Rahmi Indrasuri.

Lanjutnya, acara tersebut di harapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dengan peran aktif masyarakat dan mencegah timbulnya berbagi penyebab penyakit. (ADV) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan