Pendidikan

DPRD Tegaskan Pembenahan Sektor Pendidikan di Bengkalis Harus Dilakukan

Ilustrasi

BENGKALIS (MR) - Anggota Komisi IV DPRD Bengkalis yang membidangi masalah pendidikan menegaskan mulai tahun 2017 ini pembenahan total di sektor pendidikan harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bengkalis. Salah satunya adalah memperbaiki peringkat kelulusan Ujian Nasional (UN) disemua jenjang pendidikan untuk tingkat provinsi Riau.

Hal itu disampaikan Pipit Lestary SPd, anggota komisi IV DPRD Bengkalis bahwa pembenahan sector pendidikan tidak hanya pada pembangunan atau memperbaiki infrastruktur semata, melainkan bagaimana menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap bersaing nantinya.

"Pembenahan yang kita maksudkan adalah peningkatan SDM disemua tingkatan sekolah, mulai dari Sekolah dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Salah satunya adalah dengan perbaikan peringkat kelulusan UN untuk tingkat provinsi Riau," ujar Pipit Lestary, Kamis (16/3/2017).

Diutarakan politisi Partai Nasdem tersebut, perbaikan peringkat mutlak harus dilakukan disemua jenjang pendidikan. Ia meminta peringkat kelulusan Kabupaten Bengkalis minimal harus berada di posisi empat besar, baik untuk tingkat SD, SLTP dan SLTA.

Bahkan ujar Pipit, untuk kelulusan SLTA selain kabupaten Bengkalis bisa menembus peringkat empat besar se-Riau, juga harus semakin tingginya kelulusan SLTA yang diterima di perguruan tinggi negeri diseluruh Indonesia.

"Untuk tingkat SLTA, harapan kita adalah bagaimana tamatannya bisa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Setidaknya, 20 sampai 30 persen lulusan SLTA diseluruh kabupaten Bengkalis bisa kuliah di PTN," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan komposisi pejabat fungsional yang mayoritas baru di Disdik Bengkalis, ia optimis target-target tersebut dapat direalisasikan. Yang tak kalah pentingnya untuk menuju kearah sana, tentu perbaikan SDM guru-guru maupun kompetensinya harus dilakukan juga.

"Dengan mayoritas pejabat baru yang ditempatkan di Disdik Bengkalis ada secercah harapan supaya perbaikan dan pembenahan sector pendidikan dapat dilakukan supaya lebih baik lagi kedepannya," katanya lagi.*** (halloriau)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan