Riau

PT. PGN Gelar Ekspos Pembangunan Pipa Gas Bumi di Dumai

DUMAI (MR) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas jaringan pipa gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya membangun pipa gas bumi Duri - Dumai sepanjang 132,8 kilometer (KM).

Pihak PGN melakukan ekspos pembangunan pipa gas bumi di media center Kamis (16/3/2017) diikuti seluruh wartawan baik dari media cetak, media elektronik dan online yang dikemas melalui kegiatan media gathering antara PGN bersama Pemko Dumai, dan PWI Dumai.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Bagian Humas Setdako Dumai Riski Kurniawan, perwakilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai, Kepala PGN Area Pekanbaru Arif Nurachman, Humas PGN Nesa Arta dan jajarannya.

Kepala PGN Area Pekanbaru Arif Nurachman dalam sambutannya mengatakan, jaringan distribusi Dumai ditargetkan beroperasi pada Juni 2018 mendatang.

"Saat ini proges fisik diperkirakan sudah mencapai 12 persen dan pipa yang terpasang 4 Kilometer. Jaringan distribusi Dumai ditargetkan beroperasi pada Juni 2018 mendatang," kata Arif.

Arif mengatakan manfaat gas bumi sangat banyak, selain untuk kepentingan industry yang ada di Dumai, gas bumi dapat digunakan rumah tangga, perhotelan, apartemen dan lainnya. Harganya lebih ekonomis dari LPG.

"Gas bumi adalah energi yang murah. Biaya untuk pemakaian gas bumi hanya separuh dari LPG. Selain itu, sambungan gas ke rumah tangga lebih praktis. Para ibu rumah tangga tak perlu repot-repot ke warung dan menggendong tabung gas. Berbeda dengan LPG, sambungan gas langsung mengalirkan gas ke rumah-rumah dan pembayarannya dilakukan dibelakang," paparnya.

Selain itu, sambungan gas rumah tangga aman dari bahaya kebakaran, tekanannya cuma 0,2 bar, kalau LPG 5-7 bar.

Diberitakan sebelumnya, PGN saat ini sudah memulai proses pembangunan jaringan pipa gas bumi jalur Duri - Dumai sepanjang 76,5 kilometer diameter pipa 24 in, dilanjutkan, Dumai - Lubuk Gaung sepanjang 25,7 kilometer diameter pipa 16 dan 12 in, Dumai - Pelintung sepanjang 29 kilometer diameter pipa 12, 16 dan 20 in dilanjutkan pembangunan jalur Pelindo sepanjang 1,6 Kilometer diameter pipa 8 in.*** (halloriau)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan