Riau

Bupati Inhil Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Inhil Masa Bhakti 2016-2019

TEMBILAHAN (MR) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Inhil masa bhakti 2016-2019 di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Jum'at (17/3/2017) kemarin sore.

Saat itu, tampak juga dihadiri Ketua PWI Provinsi Riau H Deni Kurnia, unsur Forkopimda Inhil, sejumlah pejabat esselon di lingkungan Pemkab Inhil, ormas, OKP, organisasi kemahasiswaan dan para pelajar di kota Tembilahan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus yang telah resmi dilantik. Semoga katanya mampu menjalankan roda organisasi dengan baik sehingga kegiatan jurnalistik di Kabupaten Inhil dapat berjalan secara profesional.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua PWI Provinsi Riau yang telah meluangkan waktu untuk dapat hadir secara langsung di tengah-tengah pelaksanaan pelantikan.

"Terima kasih kepada ketua PWI Riau, Dheny atas kedatangannya. Sungguh luar biasa, dalam kesibukan dan jadwal yang padat, beliau tetap menyempatkan diri untuk hadir dalam acara ini. Saya tahu beliau juga aktif d dunia seni, hingga ke luar negeri. Dari informasi yang saya dapat, beliau baru saja kembali dari Singapura," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wardan juga mengatakan bahwa dirinya memiliki harapan kepada para pengurus PWI Inhil yang baru saja selesai dilantik, untuk senantiasa meningkatkan persatuan antar sesama dan kompetensi jurnalistik dan profesionalisme setiap insan pers, agar dapat berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Inhil.

Di era globalisasi yang menggunakan teknologi canggih seperti saat ini, dikatakan Wardan, informasi berupa berita sangat cepat tesebar ke seluruh penjuru dunia. Namun, katanya, teknologi tersebut sering disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab, atau yang dikenal dengan istilah hoax

"Berita hoax berpotensi besar menimbulkan kegaduhan, perpecahan dan hal - hal negatif lainnya. Apalagi, jika berita hoax tersebut menyangkut persoalan SARA. Melalui pelantikan ini, saya mengajak untuk menghindari penyebaran berita hoax. Saya berharap, insan pers selalu menyajikan berita yang aktual, berimbang dengan tetap berpegang pada pedoman etik kewartawanan," ucapnya.

Pers, menurut Wardan, mempunyai peran vital dan strategis dalam pembangunan melalui pemberitaan yang dibuat. Insan pers, lanjutnya, merupakan orang yang peduli terhadap pembangunan dan persatuan masyarakat, terutama di Kabupaten Inhil.

"Diharapkan, hubungan insan pers dengan pemerintah daerah, khususnya pemerintah Kabupaten Inhil dapat dijaga dengan baik, sehingga dapat bersama - sama melaksanakan pembangunan, pembangunan yang berkesinambungan," katanya.

Disamping hal yang berkaitan dengan sinergi bersama pers, Wardan menuturkan, Pemerintah Kabupaten Inhil telah memberikan perhatian dan perlakuan istimewa terhadap. Hal ini, menurutnya, dibuktikan dengan pembentukan sebuah instansi yang berfungsi untuk menangani pengelolaan informasi dan publikasi, yakni Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik.

"Dengan adanya satu instansi khusus tersebut, diharapkan dapat lebih profesional dalam pengelolaan informasi dan publikasi, baik oleh pers maupun Pemkab," ucapnya.

Terakhir, orang nomor satu di Negeri Sri Gemilang inj berkomitmen, Pemkab Inhil akan selalu mendukung dan memberikan dorongan melalui penyediaan fasilitas serta lainnya.***(adv/diskominfo/mir).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan