Pendidikan

Suku Talang Mamak Dapat Bantuan Fasilitas Pendidikan

RENGAT (MR) - Komitmen mencerdaskan anak bangsa dilaksanakan PT. Pertamina EP Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), dengan memberikan bantuan fasilitas pendidikan terhadap Suku Talang Mamak serta mensinergikan pelestarian seni budaya yang merupakan warisan turun temurun. 

Bantuan fasilitas pendidikan serta mensinergikan pelestarian seni budaya bagi Suku Talang Mamak yang dilakukan PT.Pertamina EP Lirik, Inhu ini dilakukan sejak tahun 2015 terhadap Suku Talang Mamak yang terdapat di wilayah TNBT Kecamatan Rakit Kulim, Inhu. Tepatnya di kelas jauh SDN 019 Desa Talang Sungai Limau, Kecamatan Rakit Kulim, Inhu. 

"Saat itu bantuan awal yang diberikan berupa perlengkapan sekolah seperti, tas buku-buku pelajaran dan alat tulis. Tahun 2016 wilayah Blok Migas Kampar diambil alih oleh PT. Pertamina Hulu Energi Kampar dengan wilayah operasional yang berdampingan dengan pemukiman Suku Talang Mamak. Untuk itu PHE Kampar menunjukkan kepeduliannya terhadap SDN 019 kelas jauh dengan membangun ruang perpustakaan, ruang guru, mushola, pagar dan pengerasan jalan serta pemasangan lampu tenaga surya," ujar Ahmad Jabbar Lirik Legal & Relation Assistant Manager PT. Pertamina EP Fiel Lirik dan Kampar, Ahad (2/4/17). 

Kepedulian PT.Pertamina EP Lirik, Inhu terhadap pendidikan ini menimbulkan semangat bagi warga Suku Talang Mamak untuk menimba ilmu di bangku sekolah yang selama ini kerap terhambat akses yang jauh, sumberdaya ekonomi yang rendah, infrastruktur sekolah yang kurang memadai serta keterbatasan guru. 

Perhatian pihak perusahaan terhadap peningkatan pendidikan di sekolah tersebut membawa dampak positif dengan meningkatnyap minat anak Suku Talang Mamak untuk bersekolah, dimana dari 42 orang siswa yang bersekolah selama ini, meningkat menjadi 53 orang siswa. 

"Kendala yang dihadapi, masyarakat Suku Talang Mamak disana mempunyai persepsi bahwa jika pendidikan anak-anaknya tinggi maka mereka melupakan seni dan budayanya. Untuk itu pihak perusahaan juga melakukan pelatihan dan pendampingan dalam peningkatan seni budaya Suku Talang Mamak yang dilakukan di Wisata Alam Pertamina Lirik. Pelatihan tersebut membuahkan hasil, dimana guru-guru suku talang mamak dan masyarakat yang dilatih berhasil menunjukan kebolehanya dalam tari rentak bulian dan tari persembahan dihadapan penonton dalam gelaran panggung utama Riau Expo," ungkapnya. 

Komitmen PT Pertamina EP Lirik, Inhu terhadap peningkatan pendidikan di Desa Talang Sungai Limau Kecamatan Rakit Kulim, Inhu ini juga menorehkan prestasi dengan meningkatnya status SDN 019 kelas jauh, menjadi SDN 028 Talang Sungai Limau pada akhir 2016. Peningkatan status pada SDN 028 Talang Sungai Limau Kecamatan Rakit Kulim, Inhu ini terus memacu semangat untuk meraih predikat sekolah Adhiwiyata pada tahun 2017. 

"Predikat Adhiwiyata atau sekolah lingkungan menjadi target SDN 028 Talang Sungai Limau pada tahun 2017, ini dilakukan setelah melihat cukup besarnya minat siswa dan guru di sekolah tersebut untuk menjadikan sekolah lingkungan serta pelestarian seni budaya. Untuk itu saat ini telah dilakukan capacity building pengelolaan lingkungan sekolah serta pembuatan sanggar seni budaya," tandasnya. 

Program CSR PT.Pertamina EP Lirik, Inhu dalam peningkatan sarana pendidikan di SDN 028 Talang Sungai Limau ini bertujuan untuk lebih memajukan pendidikan bagi Suku Talang Mamak secara berkesinambungan dengan melestarikan seni budaya serta melakukan edukasi secara menyeluruh bagi siswa. 

"Kedepan secara berkesinambungan, bantuan sarana pendidikan ini akan terus dilakukan, dengan tujuan terciptanya akses pendidikan yang merata bagi Suku Talang Mamak, teredukasinya anak-anak Suku Talang Mamak tentang baca tulis dengan tetap menjaga pelestarian seni budaya dan terbentuknya kader lingkungan yang senantiasa menjaga keaslian dan keasrian lingkungan," jelasnya. 

Sementara itu dihubungi terpisah, Irfangi Plt Kepsek SDN 028 Talang Sungai Limau Kecamatan Rakit Kulim, Inhu menegaskan, bantuan CSR PT.Pertamina EP Lirik, Inhu sangat membantu dan sangat dirasakan manfaatnya disekolah yang dulu sarana dan prasarana jauh dari standar. 

"Alhamdulillah, dengan bantuan dan kerjasama dari PT.Pertamina EP Lirik fasilitas pendidikan di SDN 028 Talang Sungai Limau ini sudah dapat dinikmati para siswa dan guru, seperti perpustakaan, ruang guru, pagar sekolah dan lainya. Kami berharap kerjasama dengan PT.Pertamina EP Lirik ini dapat terus berjalan, dengan menambah sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan," tegasnya.(FT10/rtc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan