Riau

Pelantikan Walikota Pekanbaru Belum Bisa Dipastikan

PEKANBARU (MR) - Pasca ditetapkan sebagai pemenang di pemilihan kepala daerah pada 15 Februari 2017 lalu, pelantikan pasangan Firdaus-Ayat belum juga mendapatkan kepastian.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru memperkirakan pelantikan akan digelar pada bulan April 2017 ini.

"Belum bisa dipastikan, hanya dari informasi yang kita dengar Pelantikan kepala daerah yang tidak ada sengketa itu akan dilakukan bulan April ini, dan bulan Juni yang ada sengketa, kemudian untuk akhir masa jabatan atau AMJ pada bulan November," ungkap Ketua KPU Pekanbaru, Selasa (4/3/2017).

Karena dari 101 Daerah yang menyelenggarakan Pilkada, Pekanbaru tidak termasuk daerah yang mengajukan sengketa di MK, Namun menurut Amiruddin lagi, pelantikan walikota di Bulan April tersebut baru sebatas perkiraan, dan bisa saja berubah sesui kewenangan Mendagri.

"Sebenarnya setelah KPU menetapkan dan menyerahkan pemenang Pilkada kepada DPRD Kota Pekanbaru, maka selesai sudah tugas KPU, dan pusat yang mengatur mekanismenya," jelasnya. 

Karena tambah Amiruddin, ada beberapa daerah yang terjadi sengketa Pilkada dan ada juga yang tidak.

"Makanya kita belum tau apakah pelantikan akan dilakukan serentak atau seperti apa, atau apakah Mendagri keluarkan dulu SK pelantikan bagi daerah yang aman kita belum dapat kepastian,  intinya kita hanya menunggu SK Mendagri saja," pungkasnya.(FT10/hrc) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan