Riau

Banyak Desa di Rohul Belum Tersentuh Jaringan Internet

PASIRPANGARAIAN (MR) - Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Sugiyarno SP, M.Si, mengakui masih banyak desa di Rohul belum tersentuh jaringan internet.

Bukan hanya jaringan internet saja yang masih minim di sejumlah desa di Kabupaten Rohul, jaringan seluler atau telepon sebagai komunikasi juga belum bisa dinikmati warga.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Dinas Kominfo Rohul, kata Sugiyarno, pihaknya akan berkoordinasi dengan perusahaan provider atau penyedia jaringan internet atau telepon.

"Dari itu Diskominfo Rokan Hulu akan berkoodinasi dengan perusahaan provider dalam waktu dekat," ujar Sugiyarno yang juga merangkap jabatan sebagai Staf Ahli Bupati Rohul, di suatu acara di Desa Sialang Rindang, Kecamatan Tambusai, baru-baru ini.

Mantan Kepala Dishutbun Rohul ini mengatakan sudah menjadi kewajiban pemerintah membantu masyarakat dalam menyediakan jaringan telekomunikasi dan internet, sehingga seluruh desa menikmati internet.

"Kita terus berupaya agar seluruh desa ada jaringan internet. Karena pemerintah pusat sudah programkan Internet Masuk Desa," tambah Sugiyarno.

Namun demikian, dengan masuknya jaringan internet ke pedesaan, Sugiyarno sangat mengharapkan masyarakat tidak menyalahgunakan. Menurutnya, media sosial atau Medsos menjadi salah satu media yang paling sering dipakai untuk menyebarkan berita bohong atau hoax.

Sugiyarno meminta masyarakat tidak sepenuhnya dengan berita-berita di Medsos. Ia meminta masyarakat memastikan kebenaran informasi sebelum mempostingnya ke Medsos, apalagi berita bohong yang disebarkan bersifat fitnah.

"Kita berharap masyarakat tahu apa itu Internet Sehat. Internet disediakan bukan untuk disalahgunakan, tapi membantu masyarakat mendapatkan informasi," imbau Sugiyarno dan mengharapkan masyarakat Rohul ikut 'perangi' berita hoax.(FT10/rtc)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan