Religi

Alquran dan Sains Jelaskan Relativitas Waktu

JAKARTA (MR) - Ilmuwan Albert Einstein pada tahun-tahun awal abad ke-20 mengungkapkan teori relativitas. Melalui teorinya, Einstein menjelaskan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan, di mana sebelumnya tidak pernah ada seorang pun yang mampu mengungkapkan fakta ini dengan jelas.

Pada masa lalu, tidak ada manusia yang mengetahui bahwa waktu adalah sebuah konsep yang relatif. Waktu juga dapat berubah menyesuaikan keadaannya.

Kini, teori relativitas menjadi fakta yang terbukti secara ilmiah. Dalam hal ini, Alquran telah memberi informasi tentang waktu yang bersifat relatif yang disebutkan dalam beberapa ayat berikut.

"Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu," Surah Al-Hajj Ayat 47.

"Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu," Surah As-Sajdah Ayat 5.

"Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya 50 ribu tahun," Surah Al-Ma’arij Ayat 4.

"Allah bertanya: Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi? Mereka menjawab: Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung. Allah berfirman: Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui," Surah Al-Mu’minun Ayat 112-114.

Ayat-ayat di atas menunjukkan bahwa Alquran telah menyebutkan tentang relativitas waktu yang jauh sebelum Einstein mengungkapkan teori relativitasnya. Demikian diambil dari buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk.*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan