Riau

Ini Alasan Masjid Raya Syahabuddin Jadi Tempat Wisata Religi

Masjid Raya Syahabuddin Siak (foto: bertuahpos)

SIAK (MR) - Kali ini kru bertuahpos.com berkesempatan salat Jumat di Masjid Raya Syahabuddin di Kota Siak Sri Indrapura, Jumat (07/04/2017).

Masjid Raya Syahabuddin merupakan salah satu masjid tertua di Siak, yang didirikan oleh Sultan ke-12 bernama Sultan Assayyidis Syarif Kasim Abdul Jalil Syaefudin (Sultan Syarif Qasim II), dimulai pada tahun 1927 dan selesai dibangun pada tahun 1935.

Syahabuddin sendiri merupakan gabungan bahasa Arab dan Persia Syah (Persia) artinya penguasa dan Al Din (Arab) artinya agama.

masjid yang berada di Jalan Sultan Ismail di tepi Sungai Siak, berjarak lebih kurang 300 meter dari Istana As Seraya Hasniliyah Siak. Selain untuk tempat ibadah umat muslim, masjid ini sering dijadikan tempat wisata religi.

Tampak dari dalam masjid berwarna kuning khas Melayu ini terlihat mewah dengan delapan tiang besar, lampu gantung yang mewah dan ukiran kaligrafi dari kuningan yang jarang kita temui.

Masjid Raya Syahabuddin hanya dapat menampung jemaah sekitar 100 orang di dalamnya.

Di sebelah masjid terdapat makam pahlawan nasional Sultan Syarif Kasim II beserta keluarga yang sering didatangi oleh peziarah dari dalam dan luar Siak. (FT10/bpc)  




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan