Ekonomi

Kajian Pindah Ibu Kota ke Palangkaraya Diharap Rampung 2019

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan, wacana pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Palangkaraya merupakan proyek jangka panjang.

JAKARTA (MR) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, wacana pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Palangkaraya merupakan proyek jangka panjang. 

"Ini kan tidak mungkin dalam waktu pendek membangunnya. Ini kan, membangun kota dari nol. Kami ingin membangun dari nol. Bukan kota yang sudah ada," kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (10/4).

Bambang menuturkan, wacana ini muncul sebab pemerintah dirasa perlu menyeimbangkan perekonomian ke luar Pulau Jawa. Menurutnya, kondisi Jawa terutama Jakarta sudah terlalu berat, sehingga ia beserta jajaran Bappenas mulai mengkaji wacana itu. 

Ia mengungkapkan, kajian pemindahan ibu kota tersebut direncanakan selesai sebelum 2019. Bambang pun mengklaim wacana ini sudah disetujui oleh Presiden Jokowi.

Adapun rentang waktu pemindahan, kata Bambang, tergantung keputusan pemerintah, termasuk skema pembiayaan yang sedang dibentuk.

"Kami pakai skema yang tidak memberatkan APBN. Pokoknya kami membantu Pak Presiden melakukan pengkajian," tutur mantan Menteri Keuangan ini.

Beberapa kota, kata Bambang, masuk sebagai opsi. Namun, Pulau Kalimantan memang diunggulkan karena cenderung aman gempa. 

Ia mengaku tak ingin pusing mengenai ada atau tidaknya pembangunan Istana baru apabila Ibu Kota dipindahkan dari Jakarta. Bambang hanya memastikan, Presiden akan memiliki kantor seperti di Jakarta apabila wacana ini direalisasikan. 

"Bentuknya istana atau bukan, enggak penting. Pokoknya kantor presiden, tempat tinggal presiden dan kementerian. Sama seperti di Jakarta," tuturnya.*** (cnn)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan