Riau

Mantap...!!! May Day 2017, Panitia Siapkan Buruh Award

Panitia May Day bersama Kadisnaker menyampaikan kegiatan kepada Walikota Dumai.

DUMAI (MR) - Ada yang tidak biasa pada peringatan Hari Buruh se Dunia atau May Day tahun 2017  di Dumai Selain melakukan aksi demo damai ke BPJS Kesehatan,  panitia may day juga akan menyerahan penghargaan ‘Buruh Award’ kepada pihak yang dinilai memiliki andil memperjuangkan nasib buruh.

Ketua Panitia May Day Kota Dumai Tahun 2017 Achmad Jony Marzainur SH menyebutkan pihaknya sudah menyusun berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada peringatan hari buruh se dunia di kota Dumai.

“Selain melaksanakan aksi demo ke kantor BPJS Kesehatan, kami sudah memprogramkan penyerahan penghargaan buruh award  kepadawartawan serta  perusahaan peduli buruh,” tegas Achmad Jony Marzainur.

Menurut Jony, penyerahan Buruh Award kepada wartawan,  perusahaan dan pihak lainnya diputuskan setelah disepakati bersama. Pemberian Buruh Award kepada wartawan, kata Jony setelah dilakukan berbagai kajian dan analisa bahwa media tempat dimana wartawan tersebut menjalankan tugas jurnalistik memberikan perhatian lebih terhadap nasib buruh, melalui pemberitaaan.

“Kami menilai ada media yang memang komitmen dan peduli terhadap nasib buruh, untuk itu kami telah memilih beberapa wartawan yang berhak menerima Buruh Award tersebut. Begitu juga perusahaan dan pihak lain yang kami anggap peduli buruh, akan kami beri penghargaan Buruh Award,” jelasnya

Menyangkut aksi demo damai ke kantor BPJS Kesehatan, menurut Achmad Jony Marzainur,  tetap dilaksanakan. Sekitar enam ratus buruh dengan mengenderai sebanyak 300 unit kenderaan roda dua akan dikerahkan untuk melaksanakan aksi damai tersebut.. “Aksi damai di kantor BPJS Kesehatan Dumai tetap kita laksanakan dengan mengerahkan enam ratusan buruh,” katanya.

Bahkan pihaknya, sudah minta izin secara lisan kepada aparat kepolisian Polres Dumai  untuk aksi damai di kantor BPJS Kesehatan. “Nanti permohonan resmi secara tertulis akan disampaikan,” tambahnya

Dijelaskan, pada puncak peringatan May Day tahun 2017 nanti, pada Sabtu 1/5)  pagi,  buruh Dumai  akan melaksanakan pawai keliling dengan melibatkan ratusan buruh dan masyarakat. Kemudian siangnya, dilaksanakan seminar dilanjutkan dengan malam penyerahan penghargaan buruh award.

“Acara seminar dan penyerahan penghargaan buruh award  kepada wartawan dan perusahaan peduli buruh dipusatkan di Hotel Comfort Jalan Jenderal Sudirman Dumai,” ungkapnya.

Selain menggelar aksi damai, buruh kota Dumai juga menggelar berbagai kegiatan. Seperti menggelar kompoi dengan melibatkan buruh dan masyarakat, seminar ketenagakerjaan serta kegiatan positif lainnya.

 “Kami sudah berulangkali melakukan pertemuan dengan melibatkan Disnakertrans Dumai, berbagai agenda yang akan dilaksanakan  pada peringatan May Day sudah disusun. Salah satunya melakukan aksi damai di kantor BPJS Kesehatan itu,” jelasnya.

Kata Achmat Jony Marzainur, aksi damai dilaksanakan untuk  mendorong lembaga hokum public itu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan.   

“Kalau iuran BPJS Kesehatan terlambat langsung diberi sanksi, bahkan tak jarang  pelayanan langsung dihentikan. Obat yang diberikan juga tak memadai, hal itu nantinya yang kami soroti dalam aksi damai tersebut,” ujarnya.

Bahkan,  pihaknya akan menyoroti ketentuan yang dibuat BPJS Kesehatan tentang  peserta hanya bisa berobat ke rumah sakit maupun poliklinik  tertentu sesuai pilihan peserta. Artinya, jika peserta jatuh sakit di tempat lain, tak dapat dilayani dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

“BPJS Kesehatan kan program nasional, seharusnya dimana saja peserta jatuh sakit harus bias dilayani ,” katanya

Kepala Cabang (Kacab) BPJS Kesehatan Kota Dumai Adi Siswandi belum berhasil dikonfirmasi menyangkut aksi demo buruh yang akan dilaksanakan di instansinya itu.(revolusi)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan