Riau

Gubri Tanam Padi Serentak di Desa Binuang Kampar

Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengikuti penanaman padi secara serentak di Desa Binuang, Kampar.

PEKANBARU (MR) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi hadiri penanaman padi perdana secara serentak di Desa Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penjabat (Pj) Bupati Kampar Syahrial Abdi dan Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri juga ikut menanam padi yang disaksikan ratusan petani masyarakat setempat. 

Penanaman padi perdana ini sudah dilakukan dengan cara modern, yakni dengan sistem tanam jajar legowo. Dimana, bibit padi tak lagi ditanam dengan cara manual menggunakan tenaga manusia. Melainkan menggunakan hand traktor mini yang jika dijalankan akan otomatis tertanam bibit padi yang ada ditracktor secara teratur.

Andi Rachman (sapaan akrab Gubri) dalam sambutannya menyatakan provinsi ini masih kekurangan 250 ribu ton beras. Akibatnya, kebutuhan pokok ini pun masih bergantung dengan provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan lainnya. Pada hal tanah di Riau terbilang subur.

"Kita masih kekurangan beras. Selama ini kita selalu bergantung dengan daerah lain, pada hal daerah kita subur," kata Andi, Rabu (13/4/17).

Menurut Andi, kekurangan pasokan padi yang bersumber dari Riau ini sendiri diantaranya karena berkurangnya lahan pertanian. Hal itu dikarenakan banyaknya fungsi lahan yang sudah berubah menjadi ruko atau bangunan lainnya.

Pada hal, Kampar khususnya dikenal salah satu lumbung padi di Riau. Andi pun berharap, melalui penanaman padi yang sudah menggunakan tekhnologi modern dengan sistem jajar legowo ini bisa semakin memacu semangat dan hasil yang lebih banyak lagi produksi padi di Kampar.

Masyarakat Desa Binuang yang menyaksikan kegiatan padi ini sangat antusias. Terlebih penanam padi ini langsung dilakukan oleh orang nomor satu di Riau. Pada kesempatan ini pun dimanfaatkan warga Desa Binuang menyampaikan aspirasinya kepada Andi khususnya dalam hal pertanian.(FT10/rtc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan