Riau

Bupati Siak Harapkan KPU Beri Informasi Terbaru

SIAK (MR) - Bupati Siak H Syamsuar menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, di Ruang Rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Senin (17/4/2017). Dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat memberikan input serta informasi terbaru terkait Pilkada dan Pilgub 2018 mendatang.

"Dari adanya kegiatan kunjungan kerja ini, sekaligus juga dapat memberikan input kepada kami, dan kemungkinan juga ada hal-hal yang bisa diberikan melalui kami yang hadir di sini, terutama berkenaan dengan langkah-langkah yang patut dipersiapkan dari daerah, guna mensukseskan pelaksanaan pemilu kepala daerah, gubernur dan wakil gubernur 2018 mendatang," sebutnya.

Diinformasikan Syam, berdasarkan data terakhir, jumlah penduduk siak sekitar 412.000 jiwa dan ini masih data sampai bulan Desember. Kemungkinan akan ada penambahan menjelang masa dari pendaftaran jumlah penduduk. Kemudian juga, jelasnya, ada penambahan 5 orang anggota DPRD, yang pada pemilu sebelumnya 35 orang dan sekarang menjadi 40 0rang, tentunya ini berkaitan dengan jumlah penduduk.

 

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi H Nurhamin menyebutkan, maksud dan tujuan roadshow ke kabupaten/kota adalah bagian dari strategi untuk sosialisasi, dan pelaksanaan roadshow ini didasari oleh peran serta Pemerintah Daerah (Pemda) seperti yang diamanahkan Pasal 133 A Undang-Undang (UU) Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, menyatakan Pemerintahan Daerah bertanggung jawab mengembangkan kehidupan demokrasi di daerah, khususnya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih.

"Dukungan yang kami minta kepada pemkab siak, terkait dukungan terhadap bagaimana strategi kita meningkatkan angka partisipasi di kab,siak, yang tentunya secara umum berdampak pada pilgub nanti," ujarnya.

Ditambahkan Anggota KPU Provinsi Riau Divisi Humas, Data, Informasi dan Hubungan Antar Lembaga Syapril Abdullah, terkait dengan tahapan rencana pemilihan gubernur, walaupun PKPU belum turun dari KPU RI, tapi insyaallah agustus NPHD akan ditandatangani, september oktober pembentukan penyelenggara di tingkat TPS.

"Kami sudah keliling dari rohil, pelalawan, inhil, dan kampar, kami juga membicarakan hal ini, terkait dengan rencana tahapan dan bagaimana partisipasi masyarakat dari daerah masing-masing, khusus di kabupaten siak ini partisipasi tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, tapi untuk pilgub 2018 kita akan dorong bersama semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi," tuturnya.(FT10/hrc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan