Riau

Tim POA Dumai Melakukan Peninjauan Terhadap TKA Pada 2 Perusahaan Dumai

DUMAI (MR) - Tim Pengawasan Orang Asing (POA) Dumai telah melakukan peninjauan lapangan terhadap tenaga kerja asing (TKA) pada 2 perusahaan di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai pada Kamis (20/04/17). 
 
Kegiatan pengawasan tersebut dipimpin langsung oleh M.Abduh selaku sekretaris Tim pengawasan Orang Asing, dan sasaran pengawasan TKA kali ini terfokus kepada dua perusahaan di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai. 
 
"Tim Pengawasan Orang Asing (POA) Dumai telah melakukan peninjauan di lapangan terhadap tenaga kerja asing (TKA) pada 2 perusahaan di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai," ujar Abduh saat dikonfirmasi awak media.
 
Lebih lanjut dijelaskan Abduh, pengawasan yang dilakukan pihaknya kali ini guna mencocok kan data antara Disnaker dan Imigrasi. 
 
"Sebelum turun kelapangan, kita melakukan pengecekan data  ke Disnaker dan Imigrasi Kota Dumai terkait TKA di PT Bumi Karyatama Raharja (Bukara) dan PT Azura Technindo Utama. Sesuai data dari pihak Disnaker Kota Dumai bahwa PT Bukara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjernih CPO, sedangkan PT Azura adalah perusahaan pembuatan Gula. Adapun jumlah TKA yang bekerja di PT. Bukara sebanyak 34 orang (data Imigrasi) dan 38 orang (data Disnaker), sedangkan PT. Azura sebanyak 6 orang (data Imigrasi), sementara untuk di Disnaker belum terdata," jelasnya.
 
Tidak sampai disitu, Sekira pukul 10.30 WIB Tim POA Kota Dumai yanh tiba di PT Azura langsung melakukan koordinasi singkat dengan staf perusahaan terkait mekanisme peninjauan di area perusahaan tersebut. 
 
"Setelah dilakukan peninjauan cek fisik di tempat kerja, dan kantor, para TKA, serta hasil sinkronisasi data Tim POA Kota Dumai, sejauh ini belum ditemukan adanya perbedaan jumlah TKA, maupun pelanggaran dokumen KITAS dan IMTA. Ke 6 TKA yang bekerja di PT Azzura berasal dari negara India. Selanjutnya Pukul 11.45 Wib, peninjauan  dan cek fisik TKA berlanjut di PT Bukara. Hasil pengecekan diperoleh jumlah TKA sebanyak 34 orang terdiri dari 7 India, 10 Cina dan 17 Malaysia, namun sebanyak 16 orang Malaysia saat ini sedang kembali ke negaranya, sehingga secara riil yang berada di perusahaan berjumlah 18 orang dengan KITAS dan IMTA masih berlaku. Dari ke 18 TKA tersebut, ditemukan 1 orang atas nama Shing Shiv Asare asal India, di data yang bersangkutan sebagai Mechanical Engineer, padahal jabatan sebenarnya Manager," terang abduh.
 
Dilapangan terpantau peninjauan ke lapangan yang dilaksanakan Tim POA Kota Dumai selama ini memang lebih difokuskan kepada 3 perusahaan korporasi PT Sinar Mas di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, namun dikarenakan hasil Pulbaket belum ditemukan indikasi penyimpangan TKA, sehingga sasaran dialihkan ke PT Bumi Karyatama Raharja (Bakara) dan PT Azura Technindo Utama.
 
Sedangkan demikian Tim POA terus berkomitmen melakukan Pengawasan terhadap TKA di wilayah Kota Dumai dan  tidak akan berhenti pada kegiatan Sidak saja, sebab Tim berkeyakinan untuk terus memonitor perkembangan TKA setiap saat, dengan melibatkan seluruh RT, Lurah, Camat serta kepedulian masyarakat setempat. (Xnc/red)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan