Riau

Dinas Perpustakaan dan Arsip Gelar Lomba Mendongeng Tingkat SD se-Rohul

Kegiatan Lomba Mendongen Tingkat SD di Aula Hotel Glora Bakti Pasir Pengaraian

PASIRPENGARAIAN (MR) - Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar lomba mendongeng tingkat SD dan MI se-Rohul bertempat di Aula Hotel Glora Bakti Pasir Pengaraian, Kamis (27/4/2017).

Kegiatan itu sendiri dibuka langsung Asisten III Setdakab Rohul, Hj. Sri Mulyati, S.Sos. M.Si mewakili Plt Bupati Rohul, H. Sukiman. Lomba mendongen ini sendiri diikuti dari 18 peserta perwakilan dari 16 UPTD Disdikpora se-Rohul.

Dalam sambutannya, Sri Mulyati menyambut baik lomba mendongeng yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Rohul ini.

Ia juga berharap kegiatan ini juga bisa terus diagendakan setiap tahunnya. Sebab menurutnya, dengan lomba ini selain dapat menyalurkan bakat. Dan hobi para generasi muda Rohul, juga dapat ‎membentuk watak anak menjadi lebih kreatif.

"Melalui lomba ini, selain sebagai penyalur bakat, nanti kita berharap anak akan lebih mencintai lagi arti dari buku sebagai sumber ilmu yang ada diperpustakaan," katanya.

Kepada Majelis Guru dan orang tua, Sri Mulyati juga berpesan agar dapat kiranya dapat mengontrol‎ anak-anaknya dari permainan game yang bersifat tidak positif.

"Guru dan Orang tua juga harus waspada dengan peredaran narkoba yang sudah sampai di lingkungan sekolah, terutama di permen-permen yang dijual dilingkungan sekolah yang bisa disusupi narkoba untuk merusak generasi muda," harapnya.

Sementara itu,‎ Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan arsip Rohul, Ir. Jufri, M.Si melalui Kabid Perpustakaan, Sumardi, SS. M.Si mengaku kegiatan mendongeng ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan meningkatkan pengetahuan para pelajar. Karena dengan mendongeng dapat menjadi sarana hiburan, pendidikan dan pelestarian budaya serta menanamkan nilai moral.

"Kita berharap melalui lomba ini, para peserta dapat meningkatkan minat bacanya dan lebih gemar lagi dalam mengenal cerita-cerita dongeng yang ada di daerahnya sendiri," harapnya.

Untuk Dewan Juri sendiri, terang Sumardi, pihaknya mendatangkan ‎dari kalangan Profesional di bidang Perdongenang, seperti Hj. Kifariawati, S.Sos dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau, H. Basri Sofyan, S.Pd dari Disdikpora Rohul dan tokoh budayawan dan pendongeng Rohul, Taslim F.

Pemberian hadiah sendiri dari perlombaan lomba mendongen ini akan diserahkan pada puncak hari pendidikan Nasional Tingkat kabupaten Rokan Hulu tanggal 2 Mei 2017 mendatang.(FT10/rty)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan