Riau

Situasi Mencengkam, Warga Dusun Semaram Kemuning Inhil Ngadu Ke DPRD

TEMBILAHAN (MR) - Sejumlah perwakilan masyarakat Dusun Semaram Desa Sekayan Kecamatan Kemuning mendatangi Kantor DPRD kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Jalan HR Soebrantas Tembilahan, Rabu (3/5/2017) sore.

Maksud kedatangannya mengadukan keresahan atas ancaman sekelompok orang beberapa waktu lalu yang diduga orang bayaran. Bagaimana tidak, ada sekitar 80 orang mewakili Gendone Baho, pemilik perkebunan besar di daerah tersebut yang mengklaim bahwa kebun dan daerah tempat tinggal masyarakat sebagai miliknya.

Bahkan, puluhan orang tersebut tiba dengan membawa senjata tajam. Kala itu, aksi premanisme sejumlah orang itu juga ditunjukkan dengan melakukan pengrusakan hingga pembakaran rumah warga.

"Jika itu terkait sengketa tanah, maka harusnya melalui jalur hukum bukan tindakan premanisme seperti ini," kata Ketua Umum Yayasan Restorasi Ekosistem Hutan Mikro Inisiatif (REHMI) Indonesia, Soaduon Sitorus saat mendampingi masyarakat.

Ia menilai, insiden itu bukan hanya terjadi perselisihan kepemilikan kebun, namun sudah membahayakan sisi kemanusiaan yang dibuktikan dengan pengancaman akan dibunuh, penganiayaan dan pengrusakan.

Untuk itu, Sitorus berharap dapat dukungan dari DPRD agar masyarakat Dusun Semaram mendapatkan kebebasan dari rasa ketakutan.

"Meski peristiwa telah dilaporkan ke petugas kepolisian, namun mereka tetap ketakutan. Dan saat ini, ada 15 jiwa yang berada di penampungan kami," tambahnya.

Terkait hal ini, Ketua Komisi I DPRD Inhil, Yusuf Said menyayangkan adanya tindakan premanisme tersebut. Ia menilai jika terjadi perselisihan hak kepemilikan kebun, harusnya dilakukan dengan jalur hukum.

"Jadi, kami mendesak kepada pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas tindakan kriminal yang terjadi yakni pengancaman, penganiyaan dan pengrusakan. Sementara soal lahan yang di perselisihkan merupakan kasus yang berbeda," katanya.

Nantinya, lanjut Yusuf Said, Komisi I bakal mengunjungi Dusun Semaram guna melihat langsung kondisi secara langsung di lapangan.***(mir)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan