Ekonomi

Ciptakan Entrepreneur Muda, Kadin Bengkalis Tantang Mahasiswa

Ketua Kadin Bengkalis, Masuri (kiri) bertukar naskah kerjasama dengan Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. Syamsul Nizar, Kamis (4/5/2017).

BENGKALIS (MR) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis menjalin kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis sebagai upaya menciptakan entrepreneur di kalangan mahasiswa. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU antara Ketua STAIN Prof. Dr. H. Syamsul Nizar, MA dengan Ketua Kadin Masuri, SH, Kamis (4/5/2017).

Selain penandatangan MoU, juga digelar seminar bertajuk "Menciptakan Entrepreneur Muda yang Kreatif Inovatif dan Berakhlak Mulia". Seminar menghadirkan beberapa narasumber untuk membakar semangat dan potensi mahasiswa. Diantaranya, Ir. Kholis Ramli, MP dari Direktur Eksekutif Kadin Provinsi Riau.

Ketua STAIN Bengkalis, Syamsul Nizar menyambut baik terjalinnya kerjasama antara Perguruan Tinggi itu dengan Kadin Bengkalis. Dia berharap Kadin mampu memberikan motivasi dan bimbingan kepada mahasiswa untuk menggali semangat kewirausahaan.

"Kami berharap Kadin betul-betul dipantaklah Pak (mahasiswa), agar kreativitas tergali. Dan anda (mahasiswa) harus tahu bahwa anda diciptakan Allah dengan bentuk dan batas yang sempurna. Kesempurnaan itu yang harus anda dapatkan," ungkapnya ketika membuka seminar.

Sementara Ketua Kadin mengutarakan, penandatanganan MoU antara Kadin dan STAIN berisi kedua pihak saling bekerjasama untuk mendidik, melatih dan membina mahasiswa STAIN menjadi entrepreneur atau wirausaha muda.

"Ini merupakan pintu dan titik tolak kita untuk saling berbagi, bekerjasama untuk melahirkan entrepreneur baru," katanya.

Ketua Kadin memberikan apresiasi kepada STAIN yang telah memulai dan melibatkan Kadin turun ke sekolah.

"Kadin berharap juga kepada mahasiswa mahasiswi tidak harus kami kemari, memberikan pembinaan pelatihan. mahasiswa ke Kadin, kita siap memberikan support dari MoU yang kita jalani hari ini, " terangnya.

Tantang Mahasiswa

Ketua Kadin juga menantang mahasiswa untuk berwirausaha. Usaha yang digeluti, tidak perlu usaha dalam skala besar. Menurut Masuri, kendala mahasiswa dalam memulai usaha pasti tentunya terkait dengan modal. "Kita tantang mereka siapa yang memulai dulu dari usaha yang kecil, kita akan siapkan modal untuk mereka," ungkapnya.

Dikatakan Masuri, Kadin Bengkalis telah bekerjasama dengan PT Perekonomian Rakyat (PER) untuk memberikan support pinjaman modal usaha kepada UMKM di bawah binaan Kadin.

"MoU itu akan diteken besok. Selain membina, melatih, Kadin juga memberikan jalan agar wirausaha mendapat modal menjalankan bisnis," ujarnya.*** (goriau)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan