Riau

Siak Resmi Ditetapkan Kominfo Sebagai Smart City

Kota Siak Sri Indrapura

SIAK (MR) - Kementrian Informasi dan Komunikasi RI (Kominfo) menetapkan Siak sebagai Smart City paska dilakukan assesment oleh Kominfo bersama kabupaten/kota lainnya di tanah air.

Dalam hasil assesment tersebut terdapat 25 kabupaten/kota di tanah air yang lulus, termasuk Siak di dalamnya. Hal ini dipertegas dalam surat keputusan Kemenkom Info RI No:265 KOMINFO/DJAI/AI.01.05/05/2017 tentang penyampaian hasil seleksi assesment gerakan menuju 100 Smart City.

"Alhamudlillah, Siak lulus dan ditetapkan sebagai Smart City," ujar Bupati Siak Syamsuar, Minggu (7/5/2017).

Program Smart City telah dipersiapkannya sejak setahun lalu. Dimana waktu itu PT Telkom Tbk telah melakukan kunjungan dan survey sekaligus menjadikan Siak sebagai Smart City.

Dukungan dari BUMN ini dilakukan sinergi bersama dengan langkah-langkah kongkrit dan persiapan yang dilakukan oleh Pemkab.

Memang untuk menjadikan Smart City tak hanya dari kelengkapan sarana dan prasarananya semata. Melainkan dalam hal ini juga partisipasi masyarakat juga ikut andil dalam mensukseskannya. 

"Jadi tak hanya kotanya yang pintar tapi masyarakatnya juga," lanjutnya. 

Dalam pengemasan Smart City ini nantinya akan membentuk perilaku masyarakat yang Smart dalam berbagai hal. Jeli dalam menangkap peluang dan memanfaatkannya. Ditambah lagi era sekarang adalah era digital teknologi. 

Apalagi pemerintah telah menerapkan sistem IT dalam kerja pemerintah dalam memberikan pelayana bagi masyarakat. "Urusan dipermudah dalam bentuk pelayanan berbasis IT, Siak Sudah melakukannya," jelas dia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Siak Drs H Yan Prana MSi menambahkan perencanaan Kota Pintar sudah tertuang dalam perencanaan pembangunan daerah.

"Kota Pintar adalah kota masa depan, yang semua nanti cakupannya serba IT," ujar Yan Prana.

Dalam implementasinya nanti, ketua umum IKA FISIP UR menambahkan untuk cakupan sarana prasana nantinya dilengkapi oleh pusat dan BUMN.

Kadis Kominfo Siak Kaharuddin SSos MSi menyebutkan, tim assesment Kominfo sudah melakukan assement 2-3 Mei kemarin. Hasilnya seperti yang tertuang dalam surat itu,  Siak lulus seleksi dan ditetapkan sebagai Smart City.

Pasca penetapan ini, telah disiapkan draft kesepakatan bersama antar Kominfo dan Pemkab Siak tentang implementasi gerakan  menuju 100 Smart City.

Dari hasil seleksi tim assesment ini, tercatat 25 kabupaten/kota. Di Riau hanya Siak dan Pelalawan yang dinyatakan lulus.(ft10/hrc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan