Riau

Sambut Ramadhan, LKA Luhak Kepenuhan Akan Gelar Petang Balimau

Ilustrasi Petang Balimau

PASIRPENGARAIAN (MR) - Dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriyah tahun 2017, Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Luhak Kepenuhan dalam waktu dekat ini akan menggelar Petang Balimau yang dipusatkan di Balai Adat Luhak Kepenuhan yang berada di Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu.

Ketua LKA Luhak Kepenuhan, H. Bakhtiar AH bergelar Datuk Bondaro Sakti mengatakan, berdasarkan hasil dari musyawarah seluruh para datuk, ninik mamak, mato-mato buah poik dan anak kemenakan serta undangan lainnya dalam waktu dekat ini LKA Luhak Kepenuhan akan menggelar Petang Balimau dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Berdasarkan hasil musyawarah kita kemarin di Balai Adat Luhak Kepenuhan, acara petang balimau di rencanakan pada Rabu, 24 Mei 2017 atau sekitar dua pekan lagi,” katanya, Senin (8/5/2017).

Dikatakan Bakhtiar, petang balimau ini sudah menjadi menjadi tradisi turun temurun di Luhak Kepenuhan, mengadakan Perlimauan Adat di Kecamatan Kepenuhan yang berjulukan Negeri BERADAT ini setiap tahunnya.

“Penyelenggaraan perlimauan dimulai pukul 13.30 WIB siang dan dihadiri oleh pucuk Suku Nansepuluh ( Suku Bangsawan, Suku Anak Ajo-ajo, Suku Nan Soatuih, Suku Melayu, Suku Kanang Kopuh, Suku Moniliang, Suku Pungkuik, Suku Mais, Suku Kuti dan Suku Ampu ), Tungkek suku, induk, mato-mato buah poik, bundo kandong, tokoh pemerintahan, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, undangan dan anak Kemenakan se Luhak kepenuhan,” jelasnya.

Bakhtiar berharap kepada Tungkek suku, induk, mato-mato buah poik Nansepuluh untuk dapat mengajak anak kemenakan dan kaum famili untuk dapat hadir bersama-sama dalam perayaan petang balimau tersebut.

“Kita menghimbau kepada seluruh petinggi-petinggi yang ada di Suku Nansapuluh agar dapat mengajak anak kemenakan dan kaum famili, baik yang berada di Luhak Kepenuhan maupun yang berada di luar Luhak Kepenuhan untuk hadir pada petang balimau nanti,” himbau Ketua LKA Luhak Kepenuhan.(ft10/rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan