Riau

7 Hari Pengejaran, 315 Tahanan Berhasil Ditangkap

PEKANBARU (MR) - Tim Jarkap (Pengejaran dan Penangkapan) yang dibentuk khusus oleh Polda Riau sampai Kamis (11/5/2017), masih melakukan perburuan terhadap 133 orang tahanan dan narapidana yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru.

Informasi yang dirangkum GoRiau.com (GoNews Grup), hingga dihari ketujuh ini, aparat sudah berhasil mengamankan 315 orang tahanan dan narapidana yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru. Artinya masih ada 133 orang lagi yang masih berkeliaran bebas.

Kepolisian sekarang sudah mengantongi data identitas sebagian tahanan yang melarikan diri tersebut, sehingga diyakini bakal lebih mudah untuk menelusurinya. Selain itu, Polresta Pekanbaru juga sudah mendirikan posko laporan bagi masyarakat terkait hal itu.

Hingga saat ini, aktivitas Rutan Sialang Bungkuk sudah beroperasi seperti semula. Keluarga tahanan sudah bisa menjenguk warga binaan yang ditahan di sana. Tiap hari, hampir seratusan dari mereka antre sejak pagi sampai siang, dengan dijaga aparat berwajib.

Untuk proses penyelidikan terkait adanya Pungli (Pungutan Liar, red), Direktorat Reserse Kriminal Khusus masih meminta keterangan sejumlah pihak, mulai dari para tahanan hingga oknum petugas. Kapolda Riau Irjen Zulkarnain menegaskan, dalam pekan ini akan mengumumkan tersangkanya.

Bahkan tim Saber Pungli dari pusat yang beranggotakan lima orang dari kepolisian dan TNI juga ikut ambil bagian. Sudah beberapa hari ini tim yang dipimpin Jenderal bintang dua Polri tersebut berada di Pekanbaru mengawal proses penyelidikan yang dilakukan Polda Riau.

Kemarin juga Dirjen HAM dari Kemenkumham serta Ketua Komnasham datang jauh-jauh ke Rutan Sialang Bungkuk untuk melakukan investigasi mendalam terkait penyebab larinya 448 orang tahanan dan narapidana dari Rutan yang dihuni 1.870 warga binaan ini.(ft10/grc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan