Riau

Bupati Bengkalis Buka Seminar Rekam Jejak Perempuan Pilihan

Bupati Bengkalis, diwakili Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan, Dra. Hj. Umi Kalsum saat membuka Seminar Rekam Jejak Perempuan Pilihan, bertempat di Gedung Laksamana Raja Dilaut, Senin, (12/5/2017).

BENGKALIS (MR) - Bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Bupati Bengkalis, diwakili Pelaksana Tugas (Plt). Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis. Dra. Hj. Umi Kalsum membuka secara resmi Seminar Rekam Jejak Perempuan Pilihan, Senin (15/5/2017) yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis.

Seminar yang berlangsung sehari tersebut diikuti oleh peserta dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Tokoh Masyarakat, Organisasi Perempuan, dan utusan dari Universitas di Bengkalis, tujuan seminar dimaksud yaitu untuk mencari rekam jejak para isteri Bupati dari tahun 1945 sampai sekarang.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Asisten Pemerintahan, Hj. Umi Kalsum mengatakan, Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis mempunyai sejarah tentang sosok tokoh yang pernah mewarnai dalam perjalanan sejarah daerah ini. Meksipun demikian, sejauh ini buku tentang sejarah sosok tokoh di daerah ini, belum muncul di permukaan, sehingga belum ada bahan yang dapat dijadikan referensi bagi generasi saat ini.

Lebih lanjut Umi Kalsum menyambut baik rencana penyusunan buku sejarah bertajuk, “Rekam Jejak Perempuan Pilihan Kabupaten Bengkalis”. Mengingat, buku sejarah yang bercerita tentang sosok di balik kesuksesan Pemimpin Negeri Junjungan ini sejak zaman kemerderkaan hingga detik ini, merupakan sebuah terobosan sangat tepat untuk mengangkat “batang rendam” fakta sejarah di negeri ini. Selain itu, kehadiran buku ini akan menambah perbendarahan buku sejarah di daerah ini.

"Seperti dalam ungkapan pepatah, di balik kesuksesan suami, ada istri yang hebat. Kesuksesan seorang pria dikarenakan memiliki wanita hebat di sisinya. Peran wanita dalam mendukung pria hingga menjadi sukses sangatlah penting," ungkap Umi.

Selama perjalanan para isteri Bupati Bengkalis mulai dari almarhum Dr. R Sumitro dan 13 Bupati lainnya, mempunyai banyak fakta yang bisa dijadikan sejarah untuk diungkap ke publik.

"Kegiatan Program Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian Dan Pengembangan Masyarakat Universitas Riau, dapat mengangkat peran dan kedudukan para isteri Bupati yang selama ini tersembunyi," harap Umi.

Peran isteri dibalik kesuksesan seorang pemimpin, dan sejarah membuktikan peran mereka tidaklah kecil bagi keberhasilan suami dalam mengemban dan menunaikan amanah memimpin masyarakat.

"Penerbitan buku “Rekam Jejak Perempuan Pilihan Kabupaten Bengkalis” ini sebagai bentuk penghargaan anak negeri kepada para isteri Bupati yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran mereka dalam mendukung suaminya untuk memajukan kabupaten bengkalis," jelas Umi.

Pembukaan seminar tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, H. Mustafa, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Zulfan Heri, Narasumber dari Unri, Rahmita, serta puluhan peserta seminar.*** (rls/humas)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan