Riau

1.082 Pengendara Terjaring Razia Selama Operasi Patuh di Dumai

Saat Operasi Patuh Siak 2017 yang digelar Satlantas Polres Dumai (Foto: FB Satlantas Dumai)
DUMAI (MR) - Kepolisian Resor Dumai Riau dalam 14 hari pelaksanaan Operasi Patuh Siak 2017 telah menindak sebanyak 1.082 pelanggar aturan lalu lintas, terdiri dari 940 tilang dan 142 berkas teguran.
 
Kapolres Dumai, AKBP Donald Happy Ginting menyebutkan, tingkat pelanggaran lalu lintas selama operasi patuh naik tajam hampir 50 persen dibanding 14 hari sebelum dimulainya razia cipta kondisi di jalan raya tersebut.
 
"Angka pelanggaran meningkat dibanding 14 hari sebelum dimulainya operasi patuh, namun secara umum tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat juga membaik," kata Donald di Dumai, Rabu (24/5/2017).
 
Dijelaskan, pelanggar aturan disanksi tilang dan teguran ini sebagian besar kalangan pekerja swasta, mahasiswa dan pelajar karena mengendarai sepeda motor tidak memakai helm dan kurang kelengkapan kendaraan serta melawan arus jalan.
 
Penindakan pelanggar aturan selama operasi patuh dilakukan dengan tilang elektronik, dan masyarakat diharuskan membayar langsung denda ke bank agar menghindari praktek pungutan liar di lapangan.
 
"Kita menerapkan tilang elektronik sesuai arahan pimpinan agar petugas di lapangan tidak bersentuhan dengan uang dan pelanggar membayarkan denda ke bank kerjasama," sebut AKBP Donald.
 
Setelah Operasi Patuh Siak 2017 berakhir, Polres Dumai kembali akan melancarkan Operasi Bina Waspada dengan target sasaran mengantisipasi terorisme, kelompok radikal dan intoleran dalam rangka pengamanan Ramadan 1438 Hijriah.
 
Di samping itu, kepolisian akan terus meningkatkan patroli penertiban selama Ramadan hingga hari raya Idul Fitri mendatang dengan fokus sasaran menekan tingkat kriminalitas dan remaja balap liar.
 
Diketahui, pelaksanaan razia dalam Operasi Patuh Siak 2017 difokuskan di empat titik dinilai rawan kecelakaan, yaitu Jalan Ombak, Sudirman, Sukajadi dan Jalan Soekarno-Hatta Bagan Besar dengan kekuatan personel 60 polisi.
 
Sebagai kesiapan pengamanan selama bulan suci Ramadan, Polres Dumai menggelar upacara peragaan sarana prasarana dan personel, seperti senjata api, peralatan anti huruhara, kendaraan patroli dan kendaraan anti huruhara serta lain sebagainya.
 
"Gelar sarana prasarana ini kita laksanakan sebagai kesiapan pengamanan selama bulan suci ramadhan nanti agar kondisi tetap aman dan terkendali," tutupnya.(ft10/0kz)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan