Riau

Bupati Siak: Data Ulang Penduduk Miskin

Bupati Siak Syamsuar
SIAK (MR) - Bupati Siak Syamsuar meminta pihak kecamatan untuk segera menuntaskan data penduduk miskin serta melakukan peninjauan kembali agar bantuan yang disalurkan nantinya tidak salah sasaran.
 
"Pendataan terhadap penduduk miskin harus segera diselesaikan dan dilakukannya peninjauan kembali," kata Bupati Siak Syamsuar di Siak, Kamis.
 
Menurut Syamsuar, segala bentuk bantuan yang akan diberikan kepada  masyarakat miskin bisa tepat sasaran, serta harus dilakukan verifikasi data  di setiap kampung, sehingga laporannya sampai ke Kementerian Sosial.
 
"Jadi kesempatan ini harus dimanfaat agar nanti tidak salah mengalokasikan bantuan untuk warga miskin. Saya juga meminta kepada camat agar memberikan data benar sehingga tidak terjadinya dampak yang tidak baik, dan ini disegerakan dan diselesaikan," tegasnya saat Shafari Ramadhan.
 
Sedangkan dengan penduduk yang masih belum terdata, Syamsuar menjelaskan, pihak kecamatan dan OPD terkait harus mendata ulang, serta memeriksa alamat pertama kali mereka tinggal, layaknya warga yang baru datang.
 
Pada kesempatan yang sama, Syamsuar juga menyoroti masih banyaknya Kecamatan-kecamatan wilayah setempat yang belum melakukan Musyawarah Kampung terhadap data penduduk miskin.
 
"Perlunya musyawarah tersebut dilaksanakan guna mendapati data penduduk miskin yang benar dan tepat sasaran. Dengan melibatkan berbagai kalangan seperti Dinas Sosial, Badan Pusat Statistik, hingga tokoh masyarakat," imbuhnya.
 
Selanjutnya, berkaitan dengan dana desa, Syamsuar menyebutkan bahwa penggunaannya diprioritaskan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sesuai dengan arahan Kementerian.
 
"Dana desa harus berdampak terhadap pergerakan perekonomian masyarakat serta adanya Badan Usaha Milik Desa / Kampung (BUMDes/BUMKam), sehingga bisa dimanfaatkan dengan maksimal," jelasnya.
 
Dia juga menegaskan, setiap kampung harus memiliki produk unggulan.(ft10/ant)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan