Riau

Warga Keluhkan Asap Pabrik Arang di Teluk Kuantan

TELUKKUANTAN (MR) - Pencemaran udara oleh industri selalu menjadi masalah di mana-mana, terkadang dapat mengancam kesehatan makhluk hidup disekitarnya. 
 
Secara umum pencemaran udara diartikan sebagai udara yang mengandung satu atau beberapa zat kimia dalam konsentrasi tinggi, sehingga mengganggu manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya di dalam suatu lingkungan.
 
Tidak terkecuali asap yang ditimbulkan oleh pabrik pembuat arang kayu di Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi ini. Sejumlah warga Kelurahan Sei. Jering Teluk Kuantan mengeluhkan asap dari pabrik penghasil arang di Kelurahan Sei. Jering Teluk Kuantan.
 
Asap dari Pabrik arang yang berlokasi di Simpang Poniang Sungai Jering-Koto Kari tepatnya dibelakang Sport Center Teluk Kuantan dianggap mengganggu kenyamanan warga sekitar.
 
Rian warga sekitar lokasi pabrik tersebut menyebutkan "Asap pabrik arang itu menganggu membuat sesak napas apalagi disini banyak anak-anak." keluhnya. 
 
"Sudah banyak warga yang protes,hari-hari tak nyaman, apalagi di pagi dan sore hari, asapnya terasa kuat menyesak," ujar Rian.
 
Kemudian, seorang ibu rumah tangga mengungkapkan "Dulu kami tak sanggup buka pintu belakang rumah karena banyak asap tapi sekarang karena sudah terbiasa dan terpaksa pintu dibuka juga." terangnya.
 
Sementara itu, seorang warga mengatakan bahwa masalah asap tersebut sudah pernah dipertanyakan warga sekitar ke pihak pabrik namun tidak ada solusi pasti dari pihak pabrik. Kemudian keluhan warga terhadap asap tersebut juga telah disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuansing yang belum juga ada solusinya.
 
"Kami juga tidak ingin pabrik arang itu ditutup karena usaha orang, namun juga harus ada solusi seperti cerobong asap ditinggikan" ujar seorang warga. "Kami menderita gangguan asap itu, kami khawatir kesehatan karena asap itu, apalagi kesehatan anak-anak kami" keluhnya karena belum ada tanggapan pihak pabrik dan dinas lingkungan hidup terkait.(Gps)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan