Siap Bersinergi Majukan Pertanian

Roby: Saya Merasa Terpanggil Pimpin HKTI

Ketua Harian HKTI Riau, Yosman Martondang dan Ketua HKTI Dumai Abdul Kadir

DUMAI (MR) - Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Cabang Dumai, Abdul Kadir melihat potensi besar di sektor pertanian, namun kondisi petani khususnya di Dumai masih cukup memprihatinkan.

"Melihat kondisinya, negeri kita ini memiliki tanah yang subur, namun petani yang ada di wilayah Dumai nasibnya cukup memprihatinkan," jelas Abdul Kadir yang akrab dikenal dengan nama Roby ini.
 
Pria yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha itu mengatakan, petani di Dumai yang harus membawa hasil pertaniannya dari daerah pelosok sana ke pasar di kaki lima sejak jam 4 subuh. 
 
"Namun di sanalah saya merasa terhenyuh. Sudah dari subuh petani kita mengangkut hasil taninya, sampai siang pun masih ada yang belum terjual," ungkapnya kepada monitorriau.com, Selasa (6/6/2017) malam.
 
Atas dasar itu, Roby merasa terpanggil untuk memimpin di HKTI ini bersama-sama berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani. Ia juga merasa bangga karena pemerintah setempat akan sudi bekerja sama dengan HKTI.
 
"Sama-sama kita dengar tadi, pak kepala dinas pertanian, pak Dandim juga akan ikut bersinergi, memikirkan bagaimana persoalan-persoalan pertanian di daerah ini," ungkapnya.
 
Untuk langkah awal, melakukan inventarisasi data sehingga nantik ketika melangkah melaksanakan program betul-betul terencana. "Bahkan nanti kita akan libatkan pegawai-pegawai perintahan dalam program-program kita," jelas Roby. 
 
Sementara itu, Ketua Harian DPD HKTI Riau, Yosman Martondang memnjelaskan visi dari HKTI adalah mensejahterakan petani dan keluarganya. 
 
Sedangkan misi HKTI yang utama mencari jalan keluar dari kesulitan permodalan dari petani. Kedua membantu petani dalam mendapatkan lahan.
 
"Contohnya ketika PTPN atau perusahaan sawit yang akan melakukan replanting, kita bisa usahakan pinjam pakai lahan mereka. Kita buat MoU dengan mereka sehingga petani bisa manfaatkan lahan ini," jelasnya.
 
Ketiga kata Yosman, HKTI memfasilitasi dan mempermudah petani mendapatkan pupuk, pestisida dan bibit pertanian yang berkualitas.
 
"Ya tentunya ini kita berikan untuk petani-petani yang bergabung di HKTI. Jadi jelas tujuan organisasi ini untuk mensejahterakan petani dan keluarganya," pungkasnya. (FT10)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan