Pariwisata

Luar Biasa, Kunjungan Wisatawan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi Tahun ini Meningkat

Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. (Toy Jepreter)
MONITORRIAU.COM - Puluhan Ribu wisatawan nusantara dan mancanegara tumpah ruah pada iven Bakar Tongkang di kota Bagansiapiapi kabupaten Rokan Hilir, provinsi Riau, pada Minggu (11/062017) sore. 
 
Ramainya kunjungan wisatawan untuk menghadiri acara ritual yang telah dilakukan oleh masyarat Tionghoa yang berada di Bagansiapiapi semenjak tahun 1883.
 
Acara yang berlangsung dua hari 10-11 Juni 2017 ini,  dihadiri ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Setya Novanto, Deputi Bidang Pemasaran Pariwista Nusantara Esthy Reko Astuti, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Rokan Hilir Suyatno serta pejabat undangan yang turut hadir lainya.
 
Kepala Dinas Pariwista Provinsi Riau Fahmizal Usman menjelaskan, untuk data sementara jumlah wisatawan yang datang ke acara ini sebanyak 52 ribu orang dan jumlah ini sudah melebihi jumlah wisatawan yang datang pada tahun 2016 lalu.
 
"Kunjungan tahun ini sudah melebihi kunjungan wisatwan tahun sebelumnya, yakni sebanyak 47 ribu orang," kata Fahmizal Usman, Minggu (11/6/2017).
 
Fahmizal juga menyampaikan, saat ini provinsi Riau di bawah kepemimpinan Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman sedang bersemangat untuk menjadikan daerah tersebut sebagai destinasi wisata kelas dunia, untuk itu pihaknya melalui Dinas Pariwista (Dispar) provinsi Riau gencar melakukan promosi wisata dan mencari dana ke pusat melalui APBN guna pembangunan infrastruktur di Riau.
 
Pada iven Festival Bakar Tongkan tahun 2017 ini, replika tiang layar tongkang yang dibakar jatuh ke arah laut, menurut kepercayaan warga Tionghoa Bagansiapiapi, kemana arah tiang itu menunjukan keselamatan dan peruntungan usaha serta mata pencarian lebih baik atau lebih banyak datangnya dari laut. (***)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan