Ekonomi

Caplok Dua Bank, BCA Siapkan Rp4 Triliun

Bank BCA

MONITORRIAU.COM - PT Bank Central Asia Tbk, mengaku tengah membidik bank-bank yang selama ini belum go public di pasar modal untuk diakusisi. Tak tanggung-tanggung, dana sekitar Rp4 triliun dipersiapkan untuk mengakusisi bank-bank tersebut.

Presiden Direktur PT BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, ada setidaknya dua bank yang masuk dalam incaran emiten berkode BBCA itu untuk diakusisi. Rencananya, bank tersebut nantinya akan terafiliasi langsung ke dalam tubuh internal BCA.

“Ada dua bank. Kalau satu, nanti kena single present (kepemilikan tunggal),” kata Jahja, saat ditemui di Jakarta, Selasa malam, 20 Juni 2017.

Jahja memandang, mengakusisi sebuah bank jauh lebih efektif dibandingkan harus membentuk bank baru. Apalagi, hal tersebut sekaligus berbenturan dengan keinginan Otoritas Jasa Keuangan yang mengharapkan agar jumlah bank bisa menyusut.

“Bikin bank baru repot. Akusisi jauh lebih efektif, dibandingkan harus membuat bank baru,” ujarnya.

Rencananya, segmentasi bank-bank yang sudah diakusisi akan terfokus pada digital banking, yang familiar dengan kalangan muda. Meski demikian, Jahja belum membeberkan secara rinci, bank mana saja yang akan diakusisi dan kapan keinginan tersebut bisa direalisasikan.

“Itu masih rahasia dapur. Jangan dipasang target,” kata mantan Direktur BCA itu.*** (viva)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan